Sabtu, 01 Oktober 2016
Home/ Berita/ Kembangkan Sistem Pendidikan Holistik, Majelis Dikdasmen PP Muhamamdiyah Gelar RTD

Kembangkan Sistem Pendidikan Holistik, Majelis Dikdasmen PP Muhamamdiyah Gelar RTD

Jakarta - Untuk menyusun konsep  pendidikan Muhammadiyah yang holistik,  Majelis Pendidikan  Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan menghelat Round Table Discussion (RTD) pada Senin (14/2) di Auditorium Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Kampus B, Jl. Tanah Merdeka Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur.

Dalam acara yang juga menghadirkan  Ketua PP 'Aisyiyah, Prof. Dr. Masyithoh Chusnan, itu, para peserta akan membahas pengembangan sistem pendidikan di Muhammadiyah  agar mampu memberikan kapasitas intelektual dan ketajaman spiritual yang memadai kepada para peserta didik.

Dalam Term of Reference (ToR) yang dikirimkan, Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Baedhowi, menjelaskan bahwa sebuah pemikiran radikal tentang pendidikan sebenarnya telah dilakukan Muhammadiyah sejak satu abad lalu ketika persyarikatan ini diawali dengan mencerahkan anak-anak muda Kauman Yogyakarta melalui sistem belajar yang menggabungkan antara ilmu pengetahuan dan pendalaman pemahaman agama.

Saat itu, KHA. Dahlan tidak hanya menginginkan murid-muridnya untuk memahami dan mengaktualisasi nilai-nilai ajaran agama Islam secara benar dan menyeluruh namun juga dapat mengakses ilmu pengetahuan seperti halnya ilmu-ilmu yang diajarkan di sekolah-sekolah yang didirikan Pemerintah Hindia Belanda. (Ifah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *