Kamis, 25 Mei 2017
Home/ Berita/ ‘Aisyiyah Medan Gelar Pelatihan Tangani TB

‘Aisyiyah Medan Gelar Pelatihan Tangani TB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MEDAN-- Community TB-HIV Care Aisyiyah Kota Medan mengadakan Pelatihan Mengawas Obat (PMO) selama dua hari di Mesjid Taqwa Medan Labuhan, Kota Medan (16-17/2). Peserta kegiatan merupakan pasien dan keluarga yang menderita penyakit TByang berasal dari dua kecamatan, yakni Medan Labuhan dan Medan Belawan.

M. Irsyad, Koordinator Program Community TB-HIV Care Aisyiyah Kota Medan mengatakan bahwa pelatihan ini diadakan untuk memberi pengetahuan kepada pasien atau keluarganya dalam menangani penyakit TB, mengingat bahwa saat ini penyakit TB di Kota Medan sangat tinggi.

“Salah satu penyebabnya adalah ketidakdisiplinan pasien untuk meminum obat. Maka, harus ada orang lain untuk mengawasi peminuman obat,” ungkap Irsyad.

Sementara itu, Elynita, Ketua PW Aisyiyah Sumatera Utara yang menjadi narasumber dalam pelatihan ini mengatakan bahwa Aisyiyah hadir untuk mengajak masyarakat peduli dengan penyakit TB.

“Beberapa kegiatan seperti ini merupakan salah satu kepedulian kita terhadap penyakit TB yang menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia,” kata Elynita.

Lebih lanjut Elynita mengatakan bahwa sejak 2009, Aisyiyah Sumatera Utara hadir untuk mengajak seluruh lapisanagar peduli dengan penanggulangan penyakit TB-HIV. PW Aisyiyah Sumatera Utara juga bekerja sama dengan pemerintah agar program ini mampu mewujudkan Indonesia bebas dari penyakit TB.

Misriani, salah satu peserta pelatihan mengatakan bahwa pelatihan ini bermanfaat untuk dirinya. Ia menjadi tahu bahwa penyakit TB itu penyakit yang berbahaya. Penyakit TB menyerang anaknya yang masih berumur dua tahun.

“Anak saya yang masih berumur dua tahun terkena penyakit TB. Saya berharap dalam pelatihan ini, saya mendapatkan pengetahuan sehingga anak saya bisa sembuh,” ungkapMisriani. (nisa)

 

Kontributor: Siti Saharani

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *