Senin, 18 Desember 2017
Home/ Berita/ Dahlan Rais : Orang Tua Sebagai Pendidik Utama Harus Mampu Menjadi Teladan Bagi Anak

Dahlan Rais : Orang Tua Sebagai Pendidik Utama Harus Mampu Menjadi Teladan Bagi Anak

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA – Peran orang tua dalam pendidikan anak sangatlah penting. Ketua Pimpinan Pusat Muhammaddiyah, Dahlan Rais mengatakan, harus ada pemahaman yang mutual dan pengertian yang baik antara orangtua dengan guru.

“Orangtua tidak boleh menyerahkan anak begitu saja kepada guru, dan guru juga harus punya tanggung jawab untuk mendidik anak. Guru harus mengerti dan obyektif bagaimana pembentukan karakter, memberikan pemahaman pada anak di dalam kelas. Dalam orientasi sekolah semestinya tidak hanya diiikuti oleh siswa, tapi melibatkan juga orangtua,” terang Dahlan, dalam acara Seminar Parenting di SMP Muhammadiyah 7 Kandangsapi Jebres Surakarta, Kamis (16/2).

 Jadi, lanjut Dahlan,  orangtua juga harus mengetahui apa yang ada di sekolah, sehingga hal ini bisa dijadikan acuan untuk mengontrol perkembangan anak.  

“Orangtua perlu mengerti apa yang dilakukan dan digagas oleh sekolah, orangtua harus secara intensif mengikuti perkembangan yang ada di sekolah sehingga bisa mengetahui perkembangan anak juga,” lanjut Dahlan.

Orang tuasebagai pendidik anak di rumah dan sebagai pendidik utama, harus mampu menjadi teladan yang baik bagi anak, sehingga memberikan contoh yang baik untuk anak.

“Untuk bisa mengajarkan sesuatu yang baik kepada anak, terlebih dahulu orang tua harus mampu memberikan contoh yang baik pula,” pungkas Dahlan. (nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *