Senin, 25 Maret 2019
Home/ Berita/ Pertajam Kemampuan Mengajar, STIT Muhammadiyah Kendal Terjunkan Mahasiswa PPL

Pertajam Kemampuan Mengajar, STIT Muhammadiyah Kendal Terjunkan Mahasiswa PPL

MUHAMMADIYAH.OR.ID,KENDALMahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Kendal menerjunkan sebanyak 55 mahasiswa di sepuluh SMP dan SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Kendal, Senin (30/1). Hal tersebut dilakukan dalam rangka pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) di dunia pendidikan formal. PPL sendiri sebagai cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa dengan tugas langsung mengajar di depan kelas.

Dosen pembimbing lapangan, Ikhsan Intizam, ketika ditemui redaksi muhammadiyah.id di sela-sela pendampingan PPL berharap kepada seluruh mahasiswa untuk bisa melaksanakan tugas dengan maksimal.

Menurutnya,  PPL dapat menjadi media pembelajaran dan untuk mempertajam keahlian sebagai profesi guru. “PPL sebagai wadah mahasiswa untuk belajar dan pengembangan diri tentang mengajar secara benar, ada tujuan positif dan mulia selain PPL sebagai media pembelajaran dan pengembangan profesi,” jelasnya.

Penempatan mahasiswa PPL tersebut disambut baik oleh pihak sekolah, seperti Kepala SMA Muhammadiyah 4 Kendal, Slamet Purwanto, yang menerima empat mahasiswa dengan praktek selama dua bulan.“Kami merasa bangga, sekolahkami sebagai tempat praktek mahaiswa STIT Muhammadiyah Kendal,” kata Slamet.

Ia menambahkanmengajar tidak sekedar menyampaikan materi pembelajaran,namunada hubungan emosional antara guru dan siswa ketika proses pembelajaran tersebut berjalan, dan itu sebagai cara untuk bisa memahamkan sisi kognisi dari para siswa.

Secara terpisah, Ketua STIT Muhammadiyah Kendal,  Daelamy ,berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk berlaku disiplin selama menjalankan tugas PPL. “ Disiplin sebagai kunci dari setiap kesuksesan, jika kalian berdisiplin akan merasakan manfaatnya” pesannya. (syifa)

 

Kontributor : Alifta Miftakhul Jannah

Berita Daerah

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *