Kamis, 13 Agustus 2020
Home/ Berita/ PP Muhammadiyah Lantik Gunawan Budiyanto sebagai Rektor UMY Periode 2016-2020

PP Muhammadiyah Lantik Gunawan Budiyanto sebagai Rektor UMY Periode 2016-2020

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan Rapat Senat Terbuka dengan agenda Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Rektor UMY dari Prof. Bambang Cipto kepada Gunawan Budiyanto. Penetapan tersebut dilakukan berdasarkan keputusan rapat pleno Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada November 2016 lalu.

Gunawan dilantik secara resmi oleh Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah, Prof Lincolin Arsyad pada Sabtu (31/12) di Gedung AR Fachruddin B lantai 5 Kampus Terpadu UMY, dan turut hadir Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai saksi dalam pelantikan tersebut.

Dalam sambutannya Gunawan mengatakan bahwa hingga saat ini UMY terus berupaya menjadi perguruan tinggi yang berkeunggulan, dan hal tersebut telah dibuktikan oleh UMY dengan masuk ke 42 perguruan tinggi di Indonesia yang terakreditasi A.

“Saat ini hanya ada 1,26% perguruan tinggi di Indonesia yang terakreditasi A, dan UMY salah satunya,” terang Gunawan.

Gunawan menargetkan pada kepemimpinannya sebagai UMY di akhir 2018 Ia menargetkan 70% Program Studi di UMY yang terakreditasi A. “Hingga saat ini masih ada Prodi yang terakreditas B, dan C, saya berharap kedepan akan terjadi peningkatan hingga 70% prodi yang terakreditasi A di UMY,” ujarnya.

Dalam mencapai hal tersebut menurut Gunawan, dibutuhkan dukungan segala pihak. “Pastinya dengan dukungan teamwork yang bagus segala rancangan dan target yang telah dibuat akan tercapai,” ucapnya.

Selain itu, Gunawan berharap UMY kedepan tidak hanya bermanfaat untuk internal saja, melainkan juga bermanfaat bagi masyarakat dan Persyarikatan Muhammadiyah. (adam)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *