cool hit counter

Persyarikatan Muhammadiyah

gambar
Selasa, 14 Feb 2012 | 14:10 WIB |
Dibaca: 1737

Muhammadiyah Galakan (Kembali) Iuran Anggota

Lewat Surat Keputusan (SK) bernomor  38/KEP/I.0/C/2012, Muhammadiyah menyerukan kepada seluruh anggota dan simpatisannya untuk mentradisikan kembali budaya infak di persyarikatan. SK yang dikeluarkan 24 Januari 2012 ini berjudul “Iuran anggota, infaq tetap, infaq siswa dan mahasiswa serta alokasi dana persyarikatan”.

Lahirnya SK ini, sekaligus mencabut dua SK sebelumnya yakni SK bernomor I-A/3.b/764/1996 tentang infaq mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan SK bernomor I-A/3.b/833/1996 tentang penarikan infaq karyawan amal usaha dan infaq mahasiswa Muhamadiyah.

Dalam SK terbaru tersebut ditetapkan besaran iuran anggota Muhammadiyah yang berbeda-beda, seperti Anggota Muhammadiyah yang menjabat sebagai pimpinan persyarikatan di semua tingkatan, anggota Muhammadiyah yang menjabat sebagai karyawan di jenjang, unsur, dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan anggota Muhammadiyah di luar AUM. Untuk semua kaperluan pembayaran isuran tersebut, semua anggota wajib memiliki rekening di tabungan bank syariah yang telah menjadi mitra Muhammadiyah.

Semua iuran anggota dan infaq yang masuk, diperuntukan bagi kelangsungan gerakan dakwah Muhammadiyah yang telah menetapkan prosentasenya dari mulai tingkat Pimpinan Pusat sampai Pimpinan Ranting. Semakin ke bawah, prosentasi dana dakwah semakin besar.

Untuk melengkapi SK tersebut, PP Muhammadiyah juga membuat lampiran berupa ketentuan teknis mengenai sistem pengumpulannya serta alokasi dana persyarikatan. Isi ketentuan tersebut berupa tekns pengumpulan infaq baik bagi mereka yang bekerja di AUM, bagi anggota yang bekerja di luar AUM, bagi mahasiswa di kampus Muhammadiyah, siswa di sekolah Muhammadiyah, serta teknis pengumpulan bagi infaq tetap bagi donator dan simpatisan. Baik semua yang infaq dan pengelola keuangan dana dakwah Muhammadiyah, wajib disimpan di bank syariah atau lembaga keuangan syariah yang telah menjadi mitra dan telah ditetapkan oleh Muhammadiyah.

Bank sebagaimana dimaksud di atas adalah sesuai dengan pemberitaan sebelumnya bahwa Muhammadiyah telah melakukan kerjasama dengan tujuh bank syariah. Ketujuh bank syariah tersebut adalah Bank Syariah Bukopin, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah, Bank BTN Syariah, dan Bank Danamon Syariah. Sedangkan ketetapan ketujuh bank syariah tersebut dikukuhkan dalam SK PP Muhammadiyah bernomor 37/KEP/I.0/2012. (Roni Tabroni)


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:

Pilih Artikel


Apakah artikel tersebut menarik bagi saudara?
Sangat Menarik Menarik Cukup Menarik Kurang Menarik

3 Komentar


Ahmad Murtadji
27-02-2012 11:17:03
Assalamualaikum, Wr. Wb. mohon (SK) bernomor 38KEPI.0C202 kapan bisa kita peroleh? jzkmlh. Wassalamualaikum Wr. Wb.
Amirul Muslihin
14-02-2012 19:49:25
Assalamualaikum, Wr. Wb. Saya Amirul Muslihin, Koordinator Majelis Pendidikan (dikdasmen) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Garum Blitar, Apakah Surat Keputusan (SK) bernomor 38KEPI.0C2012 sudah bisa di download melalui website muhammadiyah ..... ? Terimaksih. Wassalamualaikum Wr. Wb.
Sutrisno
03-04-2012 10:55:41
Ass. SK iuran ini di bulan Januari 2012. tapi sampai skrg kami di daerah belum dapat surat edaranpemberitahuan. Sedang di website Muhammadiyah juga belum ada petunjuk teknis pelaksanaan SK ini. Kenapa lambat begini ? Harap yang cepat biar yg di daerah bisa melaksanakan SK ini. Tks dan Was

Beri Komentar


Kalau saudara semua tertarik untuk memberikan komentar terhadap berita atau artikel di atas, kami mohon agar memberikan komentar yang santun untuk kemajuan Persyarikatan Muhammadiyah di masa yang akan datang. Isi komentar terserah dari pembaca, tapi jika dinilai kurang layak tampil oleh pengelola website, maka kami akan menghapusnya.
*) Harus Diisi

Nama * Email *

Website

Tulis Komentar *
Kode *

Berita Lain



iklan

Berita Terpopular

Jakarta -  Muhammadiyah dengan Cheng Ho Multi Culture Trust of Malaysia melakukan penutupan ... selengkapnya
Malang- Universitas Muhammadiyah malang menggelar tabligh akbar dan UMM Award yang merupakan punc ... selengkapnya

Daftar Newsletter

Tetap terkini dengan berita terbaru dari Muhammadiyah

Bacaan Sehari-hari

Setinggi-tingginya orang menguasai sains dan teknologi bila tidak diimbangi oleh agama, maka ia bisa menjadi anarki bahkan bisa berbahaya bagi kemaslahatan menusia
[Hj. Aisyah Amini]
iklan