Rabu, 21 Oktober 2020
Home/ Berita/ Agus Purwanto: Kita Harus Membangun Sains Islam

Agus Purwanto: Kita Harus Membangun Sains Islam

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL- Agus Purwanto pakar Sains Al Qu’an dan penulis buku “Ayat-Ayat Semesta” mengungkapkan, idealnya umat muslim harus mampu membangun sains Islam. Yaitu sains yang berbasis wahyu, untuk menghadapi sains yang ada.

“Di dalam Al-Quran, secara spesifik ada delapan ratus ayat tentang alam. Lebih banyak dari ayat tentang fikih, sebanyak 160 ayat. Karena kita tidak punya ilmu teoritis maupun praktis tentang itu. Kita terlalu sibuk terhadap ayat fikih. Delapan ratus ayat kauniyah kita lupakan,” ujar Agus dihadapan para peserta pengajian Seminar Al-Quran yang merupakan serangkaian acara Festival Al-Quran UMY 2016 pada Kamis (11/8) bertempat di Gedung AR Fachruddin B lantai 5 UMY.

Agus menyerukan agar umat Islam  merubah cara berpikirnya. Tidak menjadikan Al Quran sebagai sub ordinat atau pembenar. "Itu sama saja merendahkan Al Quran.Harusnya menjadikan Al Quran sebagai basis epistimologi, kita sodori pertanyaan-pertanyaan kritis," jelas Agus.

“Kita harus membangun pendidikan dan kurikulum kita. Sains menjadi sesuatu yang utama, kemudian bahasa arab, karena Al-Quran turun dalam bahasa arab. Untuk berfikir kritisnya jangan melupakan filsafat,” tutup Agus. (adam)

Kontributor : Muhammad Fathi Djunaedy

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *