Kamis, 18 Juli 2019
Home/ Berita/ IMM UAD – PPWI Gelar Seminar Jurnalistik: Gebyar Menulis Semarak Akhir Tahun

IMM UAD – PPWI Gelar Seminar Jurnalistik: Gebyar Menulis Semarak Akhir Tahun

Yogyakarta- Kolaborasi antara Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat MIPA/JP MIPA dengan persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DIY menghasilkan sebuah event Seminar Jurnalistik yang digelar pada hari Minggu, 18 Desember 2011. Acara yang mengusung tema: "Strategi Menjadi Penulis & Jurnalis Andal di Media" dilangsungkan di ruang 203 Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang dihadiri oleh 187 peserta. Suasana terasa berbeda karena peserta yang hadir memiliki latar belakang yang bervariasi mewakili berbagai lapisan masyarakat.

 

Seminar menghadirkan tiga orang narasumber yaitu Supadiyanto (Ketua PPWI DIY, Redaktur KabarIndonesia.com, Mantan Wartawan Jawa Pos Solo), Sulis Setyawan (Kolumnis di Media Massa) dan Bramma Aji Putra (Wartawan Kedaulatan Rakyat). Ketiganya sepakat bahwa menulis adalah masalah perjuangan, komitmen dan kesadaran diri. Ibarat sebuah pisau semakin sering diasah maka semakin tajam. Begitu pula menulis, harus lebih banyak menyentuh ranah praktik. Selain itu menulis merupakan sebentuk pekerjaan mulia yang terkesan main-main namun ternyata bukan main hasilnya.

 

Ketua pelaksana kegiatan, Muhammad Reza Primadi menyebutkan bahwa seminar ini diadakan untuk menjawab kekhawatiran yang timbul karena minat menulis di kalangan mahasiswa MIPA / JP MIPA khususnya dan UAD pada umumnya menunjukkan grafik yang terus menurun. Sehingga perlu adanya suntikan motivasi untuk membangkitkan lagi semangat menulis. "Kami berharap seminar ini mampu menjadi jembatan untuk mengaktifkan kembali program kerja IMM yaitu Sekolah Menulis." tambahnya.

 

Pada akhir acara peserta diajak bertukar pikiran seputar dunia jurnalistik dengan dibuka sesi tanya jawab. Inilah momen yang ditunggu peserta sejak tadi, terbukti dengan derasnya aliran pertanyaan dari peserta yang hadir. Bagi peserta yang bertanya juga diberikan doorprize berupa buku gratis dari pemateri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *