Selasa, 31 Maret 2020
Home/ Berita/ WAKAPOLDA DIY Ajak Muhammadiyah Bersinergi Atasi Permasalahan Sosial Masyarakat

WAKAPOLDA DIY Ajak Muhammadiyah Bersinergi Atasi Permasalahan Sosial Masyarakat

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA -- Mengatasi berbagai permasalahan sosial di masyarakat, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pastinya membutuhkan sinergitas dari berbagai pihak.

Seperti diungkapkan oleh Wakapolda Kombes Pol A.H. Gani ketika bersilaturahim ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada Senin (25/7). "Kami sangat mengharapkan sinergitas terjadi antara Polda DIY dengan Muhammadiyah dalam mengatasi isu-isu sosial yang terjadi, khususnya dalam hal permasalahan toleransi antar budaya dan agama yang saat ini marak terjadi di masyarakat, khususnya di Yogyakarta," ungkapnya.

"Pendekatan Muhammadiyah dengan masyarakat melalui lembaga pendidikan, maupun amal usaha lainnya menjadi bukti nyata Muhammadiyah dalam membangun peradaban bangsa ini, atas itu sinergitas menjadi kunci utama dalam mempertahankannya," tambah Gani.

(Baca : Ini Komentar Kapolri Baru Tentang Muhammadiyah )

Sementara itu, Haedar Nashir selaku Ketua Umum PP Muhammadiyah mengungkapkan. "Pendekatan yang harus dilakukan oleh pihak kepolisian saat ini dalam mengatasi permasalahan yang ada yaitu dengan soft approach," ungkapnya.

Namun, tidak menutup kemungkinan hard approach juga dibutuhkan dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tertentu. "Disatu sisi hard approach pastilah dibutuhkan dalam mengatasi permasalahan tertentu, dan pihak kepolisian yang pastinya lebih paham kapan soft approach maupun hard approach dapat diterapkan di masyarakat," tambah Haedar.

"Yang terpenting pihak kepolisian dapat mengurangi dan bahkan meninggalkan bentuk-bentuk kekerasan dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat," tutup Haedar.

 

Repoter : Adam Qodar

Ilustrator : Monaatalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *