cool hit counter

Persyarikatan Muhammadiyah

gambar
Sabtu, 03 Dec 2011 | 10:13 WIB |
Dibaca: 2707

Nasyiatul Aisyiyah Meluncurkan Posyandu Remaja

 

Yogyakarta- Pada kesempatan Sidang Tanwir II Nasyiatul Aisyiyah, Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah meluncurkan Posyandu Remaja sebagai program percontohan yang akan diduplikasi oleh seluruh Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah di seluruh provinsi di Indonesia.

Naiknya angka kehamilan tidak diinginkan (KTD), hubungan seksual pra nikah oleh remaja yang dalam jangka panjang bisa mengakibatkan kanker serviks, dan masih minimnya informasi tentang kesehatan reproduksi remaja adalah wajah suram kualitas kesehatan reproduksi remaja. Sedangkan hak kesehatan reproduksi merupakan hak dasar yang harus dimiliki oleh setiap warga negara, termasuk para remaja.

 

Hal tersebut disampaikan oleh bidang kader  Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiah Diah Puspitarini disela pembukaan Tanwir II Nasyiatul Aisyiah yang diselenggarakan di Hotel Satya Graha, Jumat 2 Desember 2011. Menurut Diah, Nasyiatul ‘Aisyiyah sebagai bagian dari civil society yang memandang penting upaya peningkatan derajat kesehatan reproduksi remaja, menginisiasi Posyandu Remaja yang memadukan sistem informasi kesehatan reproduksi remaja dengan sistem layanan kesehatan yang dibutuhkan para remaja.

 

“Selama ini, yang berkembang lebih pada sistem pendidikan kesehatan reproduksi remaja yang mengembangkan kemampuan remaja untuk memberikan informasi dan konseling pada kelompoknya atau teman sebaya. Padahal remaja juga membutuhkan layanan kesehatan reproduksi yang lebih terpadu, baik akses informasi, layanan konseling, dan layanan kesehatan,” tambahnya.

 

Rencananya Diah menuturkan, dalam pengorganisasian posyandu remaja tersebut, Nasyiatul Aisyiah akan melatih 1000 relawan posyandu remaja yang akan ditempatkan di setiap propinsi Indonesia. Lebih lanjut menurut Diah, layanan kesehatan Posyandu Remaja meliputi lima hal, yaitu: pertama,pemeriksaan tensi dan berat badan; kedua, pemeriksaan kadar HB; ketiga, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan reproduksi remaja; keempat, konsultasi psikhologi; kelima, makanan bergizi. Nasyiatul Aisyiyah sedang mengembangkan Posyandu Remaja di Gampingan, Wirobrajan, yaitu masyarakat sekitar bantaran sungai Winongo.


Tags: muhammadiyah, na,
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: nasyiatul aisyiyah

Pilih Artikel


Apakah artikel tersebut menarik bagi saudara?
Sangat Menarik Menarik Cukup Menarik Kurang Menarik

2 Komentar


LINDRA
04-12-2011 13:17:22
Assalammualaikum,, sy sgt tertarik dengan posyandu remaja ini,,, bisakah sy berkoordinasi dgn penggagas posyandu remaja ini untuk merealisasikan di tempat sy,, mohon diinfokan ke email sy... terimakasih
dhian
28-01-2012 21:13:11
Puji Syukur kepada Allah SWT atas adanya posyandu remaja di PPNA. Kami yang ada di PDNA Ponorogo siap untuk ikut menyukseskan mengingat kondisi sosial para remaja kita saat ini, banyak prestasi juga banyak yang melakukan perbuatan tak berbudi. Semoga mendapat Ridlo Nya. Amin. Salam untuk seluruh teman2 NA di seluruh Indonesia..................

Beri Komentar


iklan

Berita Terpopular

Jakarta - Muhammadiyah menghormati hasil sidang itsbat yang dilakukan pemerintah menetapkan awal ... selengkapnya
Pamekasan – Terentasnya Pamekasan dari daerah tertinggal mendapat perhatian banyak pihak. S ... selengkapnya

Daftar Newsletter

Tetap terkini dengan berita terbaru dari Muhammadiyah

Bacaan Sehari-hari

Dalam membangun demokrasi diperlukan pendidkan demokrasi. Pendidikan demokrasi hanya akan lahir dalam pendidikan yang demokratis. Oleh karena itu, demokratisasi pendidikan Indonesia merupakan keniscayaan.
[HM. Zamroni]
iklan