Selasa, 23 April 2019
Home/ Berita/ Ketua Umum PP Muhammadiyah Bicara di Sendai Jepang

Ketua Umum PP Muhammadiyah Bicara di Sendai Jepang

 
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Din Syamsuddin sejak  15 s.d 17 Maret 2015 berada di Jepang. Din diundang ntuk menjadi pembicara pada International Symposium in The Roles of Religion on Disaster Risk Reduction. Simposium diadakan dlm rangka peringatannempat tahun Tsunami yg melanda Jepang Timur 11 Maret 2011.  
 
Peringatan itu sendiri dihadiri banyak tokoh seperti Sekjen PBB Ban Ki Moon dan Wapres Jusuf Kalla. Dlm presentasinya, Din mengatakan bahwa Muhammadiyah ikut menanggulangi korban bencana alam, sejak Tsunami Aceh, gempa Jogyakarta, letusan Merapi sampai dengan banjir Wasior, banjir Maumere dan letusan Sinabung. Aksi kemanusiaan Muhamamdiyah melalui MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) mendapat apresiasi dari berbagai kalangan di Jepang, apalagi MDMC ikut berperan di Hayyan Filipina, dan Gaza, Palestina. Ikut hadir dan bicara di Sendai, yakni  Dr. Rachmawati dari MDMC. 
 
Din Syamsuddin selaku President of Asian Conference on Religions for Peace (ACRP) juga diminta membaca doa secara Islam di Memorial Park, Tugu Peringatan Tsunami Jepang di Sendai yg menelan korban 200 ribu orang. 
 
Pertemuan di Sendai Jepang sendiri, telah menyepakati adanya upaya pengurangan efek dari adanya bencana alam. Akibat dari adanya bencana alam selama ini, pada prinsipnya secara signifikan dapat  dikurangi resikonya kira-kira tahun 2030 nanti, dalam sebuah kerangka baru yang nantinya diadopsi oleh negara-negara yang hadir dalam Konferensi tersebut. 
 
Pertemuan di Senda, Jepang mencatat bahwa kerugian akibat adanya bencana alam termasuk tsunami di Sendai, Jepang, dilaporkan  tidak kurang dari  700.000 orang tewas, sementarai 1,4 juta mengalami luka, dan mengakibatkan munculnya 23 juta orang kini berstatus tunawisma. Selain itu, tercatat tidak kurang dari 1,5 miliar orang sudah menjadi korban dari dampak bencana alam. (mst) #
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *