Senin, 16 September 2019
Home/ Berita/ PCIM Rusia Adakan Kursus Gratis Bahasa Rusia via Online

PCIM Rusia Adakan Kursus Gratis Bahasa Rusia via Online

Moskow- Bahasa merupakan aspek penting dalam pergaulan dan komunikasi antar sesama. Sudah saatnya pula bagi kita untuk menguasai bahasa asing sebagai alat komunikasi di era globalisasi sekarang ini dan kedepannya. Salah satu bahasa asing yang penting untuk kita kuasai adalah bahasa Rusia. Seperti yang kita tahu bahwa bahasa Rusia merupakan bahasa resmi PBB dan badan-badan khususnya selain bahasa Arab, Inggris, Mandarin, Perancis, dan Spanyol. Atas dasar itulah maka kader Muhammadiyah Rusia berbagi ilmu kepada siapapun yang ingin belajar bahasa Slavia tersebut.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Rusia Indra Kurniawan melalui releasenya ke redaksi Muhammadiyah, Rabu (30/10). Indra mengungkapkan,   program “Kursus Bahasa Rusia Bersama PCIM Rusia” akan dilakukan via online, mengingat keberadaan Sekretariat PCIM Rusia yang jauh di belahan bumi utara serta keberadaan para peserta yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Kursus Bahasa Rusia yang diluncurkan PCIM beberapa waktu lalu menurut Indra mendapat sambutan yang cukup hangat, “Di luar dugaan kader Muhammadiyah Rusia, masyarakat dari berbagai kalangan di banyak tempat menyambut baik program yang baru diluncurkan,” jelasnya.

Gambaran antusiasme masyarakat salah satunya tercermin dari semangat Fahrul dan Reyhan,  dua peserta kursus yang masih duduk di bangku kelas 5 SDN di kawasan Jakarta Timur, DKI Jakarta, Republik Indonesia. “Begitu mengetahui program ini diluncurkan dari Rusia, mereka langsung aktif berkomunikasi dan mengerjakan tugas yang ada,” jelas Indra yang juga senjadi salah satu guru.“Pertama kali lihat huruf Rusia, aku bingung lalu tertawa karena bentuknya aneh-aneh tapi lucu,” kesan Reyhan yang  bercita-cita kuliah di Rusia dan jadi ahli nuklir jika sudah besar nanti. Sementara  Fahrul yang hobi bermain bola dan bercita-cita jadi dokter mengatakan,  apabila besar nanti dirinya berkeinginan jalan-jalan ke Rusia tanpa bantuan penerjemah bahasa Rusia. “Makanya mulai sekarang aku ikut kursus bahasa Rusia online ini,” tuturnya.

Indra menambahkan, Rencananya, kursus bahasa via on line ini akan melibatkan kader –kader Muhammadiyah yang sedang berada di bumi Rusia. Selain itu PCIM Rusia akan mengajak serta orang asli Rusia sebagai instruktur bagi peserta tingkat atas yang ingin memperlancar percakapan, langsung melalui media skype. Muhammadiyah Rusia masih membuka kesempatan pendaftaran bagi calon peserta kursus. Keterangan lengkapnya terdapat di website http://pcim-rusia.org/ atau facebook Rusia Muhammadiyah. (mac)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *