cool hit counter

Persyarikatan Muhammadiyah

gambar
Selasa, 28 Jun 2011 | 15:45 WIB |
Dibaca: 2774

Semiloka KBIH Muhammadiyah dan Aisyiyah Rekomendasikan Pembentukan Lembaga Haji Muhammadiyah

Yogyakarta-Seminar dan Lokakarya Pengelolaan dan Bimbingan Ibadah Haji di Lingkungan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Muhammadiyah dan Aisyiyah telah usai digelar hari Ahad, 26 Juni 2011 yang lalu. Acara yang diikuti oleh 13 utusan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan 51 KBIH Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia ini ditutup pada hari Sabtu malam, 25 Juni 2011, oleh Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat MuhammadiyahSyamsul Anwar. Setelah melalui sharing problematika, ceramah dialog dan diskusi serius dalam siding komisi dan siding pleno, akhirnya Semiloka ini menghasilkan beberapa rekomendasi penting demi terwujudnya pengelolaan dan pemimbingan ibadah haji yang ideal bagi warga Persyarikatan khususnya dan umat Islam Indonesia pada umumnya.

Beberapa butir rekomendasi yang dihasilkan melalui Semiloka Pengelolaan dan Bimbingan Haji tersebut antara lain:

1.       Mengusulkan pembentukan Lembaga Haji di tingkat Pusatyang secara struktural bertingkat hingga ke Wilayah dan Daerah, dengan catatan apabila memungkinkan ke depan dapat menjadi Majelis.

2.       Dalam rangka menjalankan fungsi kelembagaan, Pimpinan PusatMuhammadiyah diharapkan dapat membuat “pedoman” mengenai keorganisasian lembaga haji tersebut yang berisi antara lain masa jabatan yang sesuai dengan masajabatan dalam persyarikatan, kualifikasi dan sertifikasi pembimbing, struktur organisasi, visi misi, tugas, kewenangan, dan lain-lain.

3.       Mengusulkan agar Pimpinan PusatMuhammadiyah menyusun panduan aplikatif pembimbingan ibadah haji bagi KBIH-KBIH Muhammadiyah dan Aisiyah

4.       Mengusulkan terbentuknya wadah dalam rangka pembinaan alumni KBIH Muhammadiyah dan Aisyiyah


Tags: haji, bimbingan, KBIH,
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: majelis tarjih dan tajdid pp muhammadiyah

Pilih Artikel


Apakah artikel tersebut menarik bagi saudara?
Sangat Menarik Menarik Cukup Menarik Kurang Menarik

1 Komentar


Mulyono Najamuddin
09-09-2011 17:21:38
dimohon dengan hormat agar Majlis Tarjih atau Majlis Tabligh PP. Muhammadiyah bisa mengurus ijin sebagai Penyelenggara Umroh dan Haji Plus..dan di daerahdaerah se Indonesia menjadi cabang perwakilan, mengingat cukup lamanya waktu daftar tunggu (waiting list), sehingga warga muhammadiyah banyak yang minat menunaikan Umroh atau haji plus. terima kasih.

Beri Komentar


iklan

Berita Terpopular

Jakarta - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsudin mengapreasi keputusan pemerintah y ... selengkapnya
Yogyakarta – Rencananya besok, Jumat (27/6), Kementerian Agama (Kemenag) akan menyelenggara ... selengkapnya

Daftar Newsletter

Tetap terkini dengan berita terbaru dari Muhammadiyah

Bacaan Sehari-hari

Bila engkau berhati bebek orang akan memperlakukanmu seperti bebek. Bela engkau berhati harimau orang akan memandangmu sebagai harimau.
[KH. R. Hadjid]
iklan