Kamis, 29 Oktober 2020
Home/ Berita/ Haedar Nashir Buka Mataf UMY Secara Daring

Haedar Nashir Buka Mataf UMY Secara Daring

MUHAMMADIYAH.ID, YOGYAKARTA - Kegiatan Masa Ta’aruf (Mataf) merupakan agenda yang wajib diikuti oleh para mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai ajang orientasi untuk berkenalan dengan lingkungan kampus. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Mataf untuk tahun ajaran 2020/2021 ini digelar secara daring atau online selama 3 hari, Senin - Rabu (28-30/9).

Hal ini terjadi berkaitan dengan adanya pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan Mataf secara luring, mengingat para mahasiswa baru UMY berasal dari berbagai daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Prof. Dr. Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah turut memberikan pesan kepada para mahasiswa baru.

“Jadilah cendekiawan untuk Muhammadiyah, cendekiawan umat, dan cendekiawan bangsa yang mampu mengikuti jejak para tokoh dengan ciri berintegritas moral yang berakhlak mulia dan beriman taqwa,” ungkapnya kepada 5711 mahasiswa baru UMY.

Dengan mengangkat tema Solidaritas Cendekiawan Berintegritas, kegiatan Mataf ini turut menghadirkan Prof. Dr. Muhajir Effendy, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, serta H.E Dr. Lalu Muhamad Iqbal, Duta Besar Indonesia untuk Turki sebagai pembicara talkshow dengan metode daring. Ketua pelaksana Mataf, Hasan Nopremon, dalam sambutannya menjelaskan bahwa tema yang diangkat ini memiliki maksud bahwa sudah selayaknya para mahasiswa memiliki sikap yang kritis, kreatif, inovatif, objektif, dan komunikatif serta bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *