Jum'at, 25 September 2020
Home/ Berita/ Mahasiswa UMY Ajarkan Strategi Branding Bagi Kelompok Tani Kakao

Mahasiswa UMY Ajarkan Strategi Branding Bagi Kelompok Tani Kakao

MUHAMMADIYAH.ID, BANTUL - Tim 062 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat di Kelompok Tani Kakao Ngudi Mulyo. Sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Dusun Nglegi, Patuk, Gunungkidul. Kegiatan ini berlangsung selama bulan Juli sampai dengan Agustus 2020.

KKN 062 mengadakan sosialisasi branding dengan pemateri Erwan Sudiwijaya, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tentang Branding UMKM dan Strategi Pemasaran Online.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memajukan branding produk dan strategi marketing yang lebih baik,” jelas Chandra Annisa penanggungjawab program pada Kamis (13/8).

Chandramenambahkan bahwa target dari KKN ini adalah untuk pengembangan UMKM melalui pengembangan digital marketing dan bidang-bidang lainnya yang sesuai dengan kebutuhan UMKM, apalagi di saat ini banyak UMKM membutuhkan bantuan agar mampu berkembang. Proses KKN didampingi oleh Muhammad Muttaqien, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

"Kami terkesan dengan materi yang disampaikan oleh Erwan Sudiwijaya karena sesuai dengan kebutuhan UMKM. Kegiatan ini berpengaruh terutama ke pengurus coklat bingkon, sehingga harapannya dapat memaksimalkan produksi dan dapat meningkatkan pemasaran," jelas Pairan selaku Ketua Kelompok Tani Ngudi Mulyo Coklat Bingkon.

Ada 9 mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di UMY. KKN ini adalah bagian dari implementasi catur darma perguruan tinggi UMY secara nyata di bidang pengabdian di masa pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *