Selasa, 11 Agustus 2020
Home/ Berita/ PRA Wirobrajan Lakukan Sedekah Jariyah Sebagai Bentuk Aksi Nyata Saat Pandemi

PRA Wirobrajan Lakukan Sedekah Jariyah Sebagai Bentuk Aksi Nyata Saat Pandemi

MUHAMMADIYAH.ID, YOGYAKARTA – Salah satu ta'awun sosial yang dilakukan oleh Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah (PPA) bekerjasama dengan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) kota Yogyakarta beberapa waktu lalu menginspirasi Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) Wirobrajan untuk mengembangkan program membantu masyarakat di masa pandemi. 
 
Muncullah ide membuat kegiatan bernama Sedekah Jariah Peduli Covid-19. PRA Wirobrajan memandang saat ini masih banyak masyarakat yang kehilangan pemasukan yang mengakibatkan kesulitan memenuhi kebutuhan pangan. Karenanya, PRA Wirobrajan menggalakkan program yang langsung membawa dampak pada masyarakat. 
 
Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menggandeng Takmir dan Jamaah Masjid Hikmah juga PKK RW 02 Wirobrajan. 
 
“Kegiatan  ini kami pusatkan di Area Masjid Hikmah Wirobrajan, dan kami  membagikan sayur mayur gratis  kepada jamaah masjid Hikmah, RT, RW di sekitar masjid hikmah wirobrajan, beberapa warga Singosaren, Gampingan dan Ketanggungan, serta pengguna jalan yang kebetulan lewat dan membutuhkan,” ungkap Wahyu Budiyantini S Kep Ns, Ketua Panitia, Ahad (5/7).
 
Disampaikan Wahyu, kegiatan ini sebenarnya telah terselenggara sejak 6 Juni 2020 dan hingga kini telah melakukan 10 putaran yang digelar setiap hari Sabtu dan Ahad setiap minggunya. 
 
“Pada setiap putaran Panitia menyiapkan 80 sampaidengan 150 bungkus paket laris manis  habis dalam waktu kurang dari 2 jam. Setiap paket senilai berkisar @ Rp. 8000 – 12.000, berupa paket sayuran, lauk pauk, bumbu dapur, beras, nasi bungkus, minyak, gula dan teh,” paparnya. 
 
Tetap mengikuti protocol kesehatan, warga yang mengambil paket yang ada wajib mengenakan masker dan mencuci tangan terlebih dahulu. “Nampak antrean panjang warga dengan antusias tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak antrian,  memakai masker, cuci tangan dan hand sanitizer saat menerima paket,” kata dia. 
 
Wahyu juga mengatakan donasi yang didapatkan mandiri dari gerakan warga. “Donasi yang diberikan  dalam wujud uang yang nantinya dibelanjakan oleh panitia, dan ada yang membatu dalam bentuk paket sayur mayur. Total dana yang terkumpul Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah)  yang kami belanjakan selama kegiatan tersebut dan setiap kali pembagian panitia menyiapkan sebanyak 150 paket,” imbuhnya. 
 
Wahyu berharap dari kegiatan tersebut dapat meringankan beban masyarakat saat musibah pandemi corona 19 . (Syifa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *