Kamis, 28 Mei 2020
Home/ Berita/ Sinergi MDMC dan KOKAM Banjarnegara Cegah Penyebaran Covid-19

Sinergi MDMC dan KOKAM Banjarnegara Cegah Penyebaran Covid-19

MUHAMMADIYAH.ID, BANJARNEGARA - Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalibening, Banjarnegara inisiasi penyemprotan disinfektan di wilayahnya dan lakukan pendataan para pemudik.
 
Menurut ketua MDMC Cabang Kalibening, Joko Prasetyo mengatakan bahwa inisiasi yang dilakukan oleh MDMC dan KOKAM Cabang Kalibening disambut dan didukung dengan baik oleh warga sekitar. Sehingga, warga secara sukarela memberikan sumbangan sesuai kemampuan mereka.
 
Swadaya dari warga berupa sumbangan yang berupa dana, peralatan dan makanan untuk para relawan. Aktivitas ini sudah berlangsung selama 2 minggu. Untuk petugas posko yang mengontrol pemudik petugasnya bergiliran setiap dusun," ungkapnya pada Rabu (27/3) disela penyemprotan.
 
Aktivitas mereka dimulai dari penyemprotan desinfektan ke tiap-tiap kampung se kecamatan Kalibening, sekolah, masjid dan gedung-gedung pertemuan sampai sweaping warga yang mudik dari perantauan terutama Kota Jakarta.
 
Sementara untuk para pemuda secara kooperatif membantu pengendalian jumlah pemudik yang banyak berdatangan dari daerah zona merah Covid-19. Secara sukarela dengan peralatan seadanya para pemuda berusaha mendata pemudik, memeriksa kondisi kesehatan yang didampingi tenaga kesehatan dari warga setempat. 
 
Mengingat jumlah pemudik setiap malam yg datang dengan menggunakan travel berkisar 20 sampai 40 warga yang msuk di kawasan Kalibening. Sehingga hal ini perlu mendapat perhatian serius dari kelompok masyarakat. Pendataan penting dilakukan supaya bisa mengetahui kondisi masyarakat lokal dan pemudik. (a'n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *