Selasa, 31 Maret 2020
Home/ Berita/ SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya Raih Penghargaan dalam Konferensi Ilmuan Muslim Junior 2020

SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya Raih Penghargaan dalam Konferensi Ilmuan Muslim Junior 2020

MUHAMMADIYAH.ID, PALANGKARAYA -  Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Kalimantan Tengah didukung oleh  Komunitas Cinta Anak dan perbankan syariah menggelar kegiatan Konferensi  Ilmuwan Muslim Junior  tanggal 15-16 Februari 2020 bertempat di Aula  Universitas Muhammadiyah (UM) Palangkaraya.

Acara  dengan tema "Menjaga Lingkungan Dengan Karyaku, sains,  sosial dan budaya" diikuti siswa oleh Sekolah Dasar, Sekolah tingkat Pertama dan Sekolah Menengah  setingkat SMA/MA se-kota Palangkaraya.

SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya menurunkan tiga  tim Ilmuwan Juniornya, yaitu Tim A di bidang  Pembuatan Kaligrafi  menggunakan bahan bekas, Tim B dengan tema Pembuatan  Hiasan dinding cetak menggunakan bahan koran bekas dan bahan daur ulang yang bernilai seni dan peduli lingkungan,  dan Tim C  di bidang Penelitian Sosial  Pengujian Kandungan Mineral  Air Minum yang dikonsumsi oleh Siswa di lingkungan sekolah.

SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya berhasil memperoleh penghargaan sebagai presenter dalam Konferensi Ilmuwan Muslim Junior tahun 2020 dan memenangkan  kategori di bidang Sosial dan daur ulang, serta mendapatkan beasiswa dari Panitia pelaksana.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Drs.Ahmad Wahyu Cahyono mengatakan  kegiatan ini sangat bermakna untuk mengasah ketrampilan, jiwa kritis dan menumbuhkan sikap ilmiah yang bertanggunggjawab terutama terkait dengan pemeliharaan lingkungan hidup dan pembentukan kader pelopor penyelamat lingkungan untuk kemanusiaan.

"Setiap manusia adalah khalifah yang memiliki tanggung jawab akan kelestarian lingkungan untuk menjamin kehidupan yang akan datang tetap terjaga, alam yang lestari, cukup oksigen, meminimalisir gas buang sehingga dengan segala kemampuan berfikir dan berbuat manusia hari ini adalah tumpuan kualitas kehidupan manusia yang akan dating," ungkapnya.

Menurut Ruliani, sebagai guru pembimbing dengan mengikuti kegiatan ini menjadi acuan bagi siswa siswi SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya  untuk lebih berkembang sehingga dapat menjadi penemu penemu hebat di bidang sains dan teknologi di masa mendatang.

"Ajang kompetisi ini sebagai salah satu wadah lahirnya ilmuwan baru yang mampu membangkitkan sains dan telnologi di wilayah Kalimantan Tengah khususnya di SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya  seiring dengan kemajuan di era 4.0," kata Ruliani  yang juga mengajar bidang studi Bahasa Indonesia.

Sementara itu  Fathurahman salah satu peserta dari SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya sangat bangga bisa mewakili sekolah mengikuti kegiatan ini. "Banyak pengalaman  yang aku dapat dari peserta-peserta lain , jadi termotivasi untuk makin mandiri dan kreatif ,” ujarnya.

Dengan prestasi yang diraih oleh SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya ini membuktikan diri dan teruji dalam berkarya , berinovasi dan berkreasi  di bidang Ilmu pengetahuan dan Teknologi. (Syifa)

Kontributor: Bonnie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *