Sabtu, 26 September 2020
Home/ Berita/ Komitmen Lazismu dalam Membantu Pemerataan Pendidikan Nasional

Komitmen Lazismu dalam Membantu Pemerataan Pendidikan Nasional

MUHAMMADIYAH.ID, JAKARTA – Berkomitmen untuk ikut andil peningkatan mutu pengelolaan dan pemerataan pendidikan nasional mandiri berbasis teyan (fundraising), Lembaga Amil Zakat dan Sadaqah Muhammadiyah (LazisMu) menggelar seminar Kemandirian Sekolah dan Pendidikan Melalui Fundraising, Kamis (13/2).

“Kami sadar mengandalkan pembiayaan pemerintah saja dalam hal tersebut tidak akan maksimal. Maka kita sudah sepatutnya turut mengambil inisiatif melalui fundraising,” terang Fundraising LazisMu Rizaluddin.

Inisiatif yang dimaksud Rizaluddin adalah pembiayaan pada tenaga kerja pendidik honorer dan para siswa dari masyarakat ekonomi kurang mampu. Sebagai contoh LazisMu telah menerapkan bermacam beasiswa untuk jenjang SMA hingga S-3, santunan bulanan untuk guru honorer hingga bekerjasama dengan ratusan sekolah untuk pendidikan sadar bencana dan anti kekerasan (bullying).

“Kita ingin kesejahteraan tenaga pendidik dan ingin mengajak sekolah beserta masyarakat bisa mandiri terlibat dalam pendidikan. Sumber pendanaan infaq berasal dari partisipati publik, kaleng sampai CSR,” imbuh Rizaludin.

Menggandeng Institut Fundraising Indonesia, acara seminar yang digelar di Aula Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta tersebut diikuti oleh sekira 50 pegiat teyan untuk pendidikan.

Berbagai pembicara seperti Dirut Baznas M. Arifin Purwakananta, Direktur Institut Fundraising Indonesia Arlina F. Saliman, Sahabat Guru Indonesia Asep Syapa'at dihadirkan dalam rangka meningkatkan pemahaman peserta mengenai pemanfaatan aset, program kerja hingga strategi teyan. (afn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *