cool hit counter

Persyarikatan Muhammadiyah

gambar
Kamis, 18 Oct 2012 | 19:33 WIB |
Dibaca: 768

Bazar dan Seminar Batik Nasional Awali Perhelatan Tanwir I 'Aisyiyah

Yogyakarta– Kegiatan Tanwir ‘Aisyiyah yang akan dilaksanakan besok Jumat (19/10) di Kampus Terpadu Stikes ‘Aisyiyah. Hari ini Kamis, (18/10) diawali dengan Bazar Batik Nusantara dan Seminar. Bertempat di Hall Prof. Dra. Hj. Siti Baroroh Baried lantai 4 kampus Stikes 'Aisyiyah Yogyakarta, Ketua Umum PP ‘Aisyiyah Dra. Siti Noordjannah Djohantini, M.M.,M.Si, dalam sambutan di pembukaan Bazar dan Seminar, menyatakan Syiar dan dakwah nilai-nilai Islam dapat dilakukan melalui batik dengan merelevansi nilai-nilai budaya yang terdapat dalam motif batik. Noordjannah juga menambahkan “batik merupakan salah satu ikon budaya nasional yang dapat digunakan sebagai media komunikasi ke berbagai negara.”

Seminar Batik Nusantara diikuti oleh kurang lebih 250 perwakilan 'Aisyiyah dari 33 provinsi di Indonesia. Para narasumber yang hadir, yaitu: Drs. Handoyo dari Balai Kesar Kerajinan dan Batik Yogyakarta; Hj. Kaelasha Afiati, pengusaha home industri fashion; dan Imam Nurhidayat, Direktur Pusdiklat Repindo dan Coconut Centre yang berbicara tentang pengutana ekonomi melalui Ranting. Hadir pula Prof. Dr. Hj. Siti Chamamah Soeratno lebih banyak berbicara tentang Peran Batik Kauman Yogyakarta dalam gerak langkah Muhammadiyah-'Aisyiyah.

Menurut Handoyo, 'Aisyiyah sebagai organisasi perempuan yang memiliki jaringan luas hingga ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, dapat menjadi kekuatan untuk melalukan penguatan ekonomi melalui pelestarian Batik. Hal tersebut, ungkap Handoyo, dikarenakan 'Aisyiyah telah memiliki lebih dari 6000 ranting 'Aisyiyah yang berada di seluruh daerah Indonesia dan didukung oleh infrastruktur yang kuat sehingga memudahkan pencapaian penguatan ekonomi.

Perhelatan Tanwir I 'Aisyiyahtahun 2012bertemakan “ ’Aisyiyah Jelang Satu Abad: Gerakan Praksis Sosial Al-Ma’un Untuk Kemajuan Bangsa”. Tanwir Aisyiyah akan dibuka oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Din Syamsuddin, M.A. Kampus Terpadu Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta merupakan gedung baru milik Stikes ‘Aisyiyah terletak di Jalan Ring Road Barat, Pundung, Nogotirto, Sleman, Yogyakarta. (Dilla,Dian, dzar)

 

 

 


Tags: tanwir, stikes 'aisyiyah, yogyakarta, batik
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Pimpinan Pusat 'Aisyiyah

Pilih Artikel


Apakah artikel tersebut menarik bagi saudara?
Sangat Menarik Menarik Cukup Menarik Kurang Menarik

0 Komentar


Beri Komentar


Kalau saudara semua tertarik untuk memberikan komentar terhadap berita atau artikel di atas, kami mohon agar memberikan komentar yang santun untuk kemajuan Persyarikatan Muhammadiyah di masa yang akan datang. Isi komentar terserah dari pembaca, tapi jika dinilai kurang layak tampil oleh pengelola website, maka kami akan menghapusnya.
*) Harus Diisi

Nama * Email *

Website

Tulis Komentar *
Kode *

Berita Lain



iklan

Berita Terpopular

Jakarta - Muhammadiyah menghormati hasil sidang itsbat yang dilakukan pemerintah menetapkan awal ... selengkapnya
Pamekasan – Terentasnya Pamekasan dari daerah tertinggal mendapat perhatian banyak pihak. S ... selengkapnya

Daftar Newsletter

Tetap terkini dengan berita terbaru dari Muhammadiyah

Bacaan Sehari-hari

Dalam membangun demokrasi diperlukan pendidkan demokrasi. Pendidikan demokrasi hanya akan lahir dalam pendidikan yang demokratis. Oleh karena itu, demokratisasi pendidikan Indonesia merupakan keniscayaan.
[HM. Zamroni]
iklan