Senin, 09 Desember 2019
Home/ Berita/ Peringati Hari Pahlawan, Siswa SMP Musawerna Sambangi Veteran

Peringati Hari Pahlawan, Siswa SMP Musawerna Sambangi Veteran

MUHAMMADIYAH.ID,  SLAWI - 10 November adalah hari bersejarah bagi Indonesia, di hari inilah hari pahlwan diperingati, mengenang serta memberi penghargaan bagi para pahlawan yang berjuang di medan perang. Di hari bersejarah ini pula, siswa SMP Muhammdiyah 1 Adiwerna (musawerna) berusaha memaknai arti perjuangan, mereka mengunjungi rumah seorang veteran, membersihkan rumah beliau, memasakan masakan dengan tangan mereka sendiri dan makan bersama sambil mendengarkan kisah nyata perjuangan yang sangat memotivasi.

SMP Musawerna mengunjungi seorang veteran di perumahan PEPABRI Kudaile. Siswa SMP Musawerna berkunjung ke rumah Medard Cornelius Ricard Simon atau yang akrab disapa Eli atau Simon, yang merupakan pejuang yang kini berusia 91 tahun. Dia merupakan sosok pejuang kemerdekaan, dimana angkatan beliau sudah seluruhnya meninggal dan hanya beliau saat ini di kabupaten Tegal yang masih bisa menjadi saksi hidup dan memotivasi para penerus bangsa.

"Saya pernah menjabat sebagai ketua PEPABRI, tapi karena sekarang kondisi kesehatan saya sudah tidak memungkinkan, saya lebih banyak istirahat di rumah, tapi saat melihat rombongan siswa turun dari mobil, saya senang sekali  seperti merasakan bahwa perjuangan saya tidak sia- sia karena anak cucu saya bisa merasakan kemerdekaan sekarang,”tutur pak Simon yang masih sangat jelas dalam berbicara.

Ijlal Abrazi, siswa SMP Musawerna yang datang bersama rombongan ke rumah pak Simon menuturkan kebahagiaanya karena tidak menyangka di Kabupaten Tegal ini masih ada sosok pejuang yang dulu ikut berperang dan masih bisa menjelaskan langsung pada generasi selanjutnya.

"Kami sangat senang pak bertemu dengan pejuang yang sangat menginspirasi, semoga kami bisa melanjutkan perjuangan bapak, dan apa yang kami  lakukan hari ini tentu tidak seberapa dibanding perjuangan bapak, kami hanya ingin seharian ini kami bisa berterimakasih dengan melayani bapak semampu kami, mulai dari bersih-bersih sampai memasak,” ungkap.

Sementara itu Nurliana Rahmasari Humas SMP Musawerna menuturkan bahwa salah satu tujuan diadakan kunjungan ini adalah mengajak siswa musawerna untuk memaknai hari pahlawan dengan sesuatu yang lebih real, mendengarkan langsung kisah perjuangan dari orang yang benar benar ikut berperang dan mengajak anak anak untuk berterimakasih atas perjuangan para perjuangan dengan hal hal yang sekiranya mampu mereka lakukan.

"Membersikan rumah, memasakan makanan, menyiapakan makanan lalu makan bersama seorang veteran tentu membawa kebanggaan tersendiri pada siswa dalam memperingati hari pahlawan ini,” pungkasnya. (Syifa)

Kontributor : Riza  A. Novanto

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *