Senin, 18 November 2019
Home/ Berita/ Harus Ada Tradisi Mencerdaskan di Tubuh Warga Muhammadiyah

Harus Ada Tradisi Mencerdaskan di Tubuh Warga Muhammadiyah

MUHAMMADIYAH. IDMALANG-  Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir hadiri resepsi Milad Muhammadiyah ke 107 tahun yang digelar Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM)  Kabupaten Malang pada Ahad (4/11) di lapangan Kh Ahmad Dahlan. 
 
Haedar menceritakan, tema Milad Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dipilih sebagai bentuk aktualisasi Muhammadiyah yang sudah hampir dua abad berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa lewat Amal Usaha dalam bidang pendidikan maupun tokoh-tokoh Muhammadiyah yang telah membawa perubahan bagi kehidupan bangsa. 
 
Haedar menegaskan, dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, Muhammadiyah tidak hanya mengubah dalam pikiran.
 
"Dalam mencerdaskan bangsa, Muhammadiyah bukan hanya mencerdaskan manusianya, tetapi juga budaya, dan sistemnya," ujar Haedar. 
 
Haedar juga menegaskan bahwa mencerdaskan kehidupan bangsa adalah perintah ajaran islam.
 
Untuk itu maka harus ada tradisi mencerdaskan, di tubuh warga Muhammadiyah, yang tidak hanya mencerdaskan diri sendiri, namun juga mencerdaskan lingkungan sekitar dan semesta. 
 
Haedar juga mengatakan bahwa sudah 107 tahun Muhammadiyah menggerakan peradaban.
 
Untuk menjaga peradaban itu, Haedar meminta kepada warga Muhammadiyah untuk terus menyuburkan iman agar tetap hidup dan dinamis.
 
"Iman itu dapat bertambah dan berkurang, maka jangan pernah merasa iman kita stabil, dan merasa paling beriman, keimananan bagi warga Muhammadiyah tidak hanya ditunjukkan dengan kata-kata, namun dengan aksi nyata," tutur Haedar. 
 
Dalam acara yang dihadiri Ketua PDM Kabupaten Malang, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ketua DPRD Kabupaten Malang, dan Kapolres Kabupaten Malang,  Haedar turut menandatangani prasasti berdirinya masjid KH Ahmad Dahlan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *