Jum'at, 19 Juli 2019
Home/ Berita/ Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Raih Skor Akreditasi Tertinggi di Indonesia

Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Raih Skor Akreditasi Tertinggi di Indonesia

MUHAMMADIYAH.ID, BANTUL - Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi IP UMY) mendapatkan akreditasi “A” dengan skor 371. Keputusan ini dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan (SK) dengan nomor 1988/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2019 pada (18/6).

Hasil memuaskan ini turut menetapkan Prodi IP UMY sebagai peraih nilai akreditasi tertinggi di Indonesia untuk Program Studi Ilmu Pemerintahan.  

Ketua Prodi IP UMY, Muchamad Zaenuri, menjelaskan bahwa hasil ini diperoleh karena telah menjalani proses yang panjang dan berkelanjutan pada Sumber Daya Manusia (SDM). “Pengembangan kualitas berkelanjutan sudah kami lakukan selama belasan tahun. Tentu saja kalau memakai kacamata BAN-PT ada tujuh standar indikator. Tapi yang pertama dan utama yang kami tingkatkan adalah kualitas SDM. Dosen kami sebagian besar sudah menjadi doktor dan kami juga punya satu guru besar. Dosen-dosen itu juga memiliki karya dan kiprah di tingkat internasional,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya Kampus Terpadu UMY pada Selasa (2/7).

Selain meningkatkan kualitas dari tenaga pendidik, Prodi IP UMY juga mendorong dan mendukung mahasiswa untuk berprestasi di tingkat nasional hingga internasional.

 Zaenuri juga mengatakan bahwa program internasional juga terus digalakan. Ratusan mahasiswa asing telah menuntut pendidikan di Prodi IP UMY.

“Mahasiswa memang kami dorong untuk berprestasi dan data yang kami dapat menunjukkan prestasi mahasiswa tinggat internasional sebanyak 60 persen sedangkan untuk nasional sebanyak 40 persen. Program internasional juga terus ditingkatkan, banyak mahasiswa asing berkuliah di sini dan juga banyak mahasiswa kita yang berkuliah di luar negeri,” katanya.

IP UMY telah menghasilkan banyak alumni yang tersebar diberbagai pelosok negeri. Lulusan yang telah dihasilkan juga berprofesi ke berbagai hal, tetapi ada empat profesi yang paling banyak digeluti oleh almuni. Yaitu pelaku politik dan pemerintahan, peneliti atau dosen, wirausahawan yang bergerak di bidang pelayanan publik dan konsultan.

Dengan hasil ini, Prodi IP UMY berhak menyandang akreditasi selama lima tahun kedepan hingga tahun 2024. Kedepannya juga Zaenuri menargetkan untuk bisa unggul di tingkat Asia Tenggara pada tahun 2021. Ia juga berharap IP UMY selalu menghasilkan lulusan yang mempunyai pemaham ilmu pemerintahan yang berbasis pada nilai-nilai keislaman.

“Kami akan berusaha untuk terakreditasi pada tingkat Asia Tenggara pada tahun 2021 kelak. Kami juga selalu berusaha untuk menghasilkan mahasiswa yang berbeda dengan mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang lain. Semoga setelah lulus bisa membawa manfaat bagi umat,” pungkas Zaenuri.

Sumber: BHP UMY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *