Senin, 23 September 2019
Home/ Berita/ Muhammadiyah Gunungkidul Berdayakan Ekonomi Berbasis Jama’ah

Muhammadiyah Gunungkidul Berdayakan Ekonomi Berbasis Jama’ah

MUHAMMADIYAH.ID, GUNUNGKIDUL – Masjid Muhammadiyah Nurul Fatwa Ponjong Gunungkidul bekerjasama dengan Taman Lansia Annaba’ Yogyakarta melakukan Program Pemberdayaan Ekonomi Keumatan Berbasis Jama’ah Masjid. Kegiatan digelar pada Sabtu (29/6) di Kios UsahaMU Jama’ah Masjid, Komplek Usaha Pagan’s Babeta Tanggulangin, Genjahan, Ponjong, Gunungkidul.

Tri Wuryanti, Pengurus UsahaMU Jama’ah Masjid menginformasikan bahwa Program Pemberdayaan Ekonomi Keumatan Berbasis Jama’ah Masjid ini bertujuan untuk mewadahi dan memfasilitasi pemuda dan jama’ah masjid untuk mengembangkan potensi diri dalam berwirausaha. Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan pemuda dan jama’ah masjid dapat meningkatkan pendapatan ekonomi.

“Ada lebih dari 25 jama’ah yang berpartisipasi dalam program ini, dengan berbagai produk yang sebagaian besar adalah kuliner jajanan pasar, snack, dan camilan khas Gunungkidul. Diantara produk asli jama’ah yakni Galundeng, Bolu Kukus, Nogosari, Lemet, Cantik Manis, Risole, Bakwan Jagung, Kripik Ubi, Peyek, Marning, Sambel Kacang. Dan juga makanan dan minuman tradisional seperti halnya Lotek, Lotis, Rujak, Cendol Dawet, dan Aneka Jamu Sehat Rempah Jawa,” jelas Tri.

UsahaMU Jama’ah Masjid ini direncanakan buka setiap hari mulai dari jam 05:30 – 14:30 WIB. Warung ini juga turut mengedukasi jama’ah dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan, salah satunya dengan tutup sementara waktu untuk salat dhuha serta setiap adzan segera tutup untuk berjama’ah ke masjid. (nisa)

Kontributor: trymedia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *