Jum'at, 19 Juli 2019
Home/ Berita/ Dosen UMSU Wakili Indonesia dalam Dialog Antar Agama di Roma

Dosen UMSU Wakili Indonesia dalam Dialog Antar Agama di Roma

MUHAMMADIYAH.ID, MEDAN — Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Muhammad Qorib menjadi utusan Presiden dalam dialog dan kerjasama antar agama di Roma Italia, mulai tanggal 15 sampai 19 Juni 2019.

Dalam rilis yang diterima padaSenin(17/5), Muhammad Qorib mengatakan, dia bersama empat orang lainnya akan mewakili Indonesia dalam forum dialog yang diselengarakan di Kantor Political Council for International Dialog, Roma. Selian itu, mereka juga akan melakukan kunjungan akademik ke Urbaniana University guna melihat semangat semangat komunitas akademik dalam mengkaji Islam.

“Dalam kunjungan ke Universitas Urbaniana akan dilaksanakan seminar tentang nilai-nilai Islam Wasathiyah yang dipromosikan Muhammadiyah, dipertemukan dengan kebutuhan komunitas muslim masa sekarang.” Ungkapnya

Selain melakukan dialog antar agama dan mengelar seminar seminat akademik, utusan Presiden juga dijadwalkan akan bertemu dengan Paus Fransiscus. Kemudian berlanjut ke Amsterdam, Belanda pada 20 sampai 21 Juni guna membicarakan toleransi, tantangan untuk negara dan umat beragama yang digelar di Sekolah Indonesia Denhaag dan diikuti sarjana agama dari Belanda, Amerika, Asia, Timur Tengah dan lainnya.

Selain isu agama, dalam promosi Islam Wasathiyah, Muhammad Qorib menjelaskan bahwa, nanti dalam rangkaian disana juga akan disingung mengenai perlunya kebijakan dalam bermedia sosial.

Secara khusus, sebagai angota delegasi dari UMSU, Qorib juga akan diminta untuk berbagi pengalaman tentang proses sinergi antara Pemerintah dan Muhammadiyah melalui Perguruan Tinggi yang dimilikinya sehingga bisa saling menguatkan dan menciptakan masyarakat religius yang beradab. Peran kampus Muhammadiyah diharapkan bisa ikut menumbuhkan semangat mengembangkan dialog dalam mencari solusi untuk mewujudkan perdamaian. (a’n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *