Jum'at, 19 Juli 2019
Home/ Berita/ Mahasiswa UM Purworejo Ubah Pohon Pisang Menjadi Boneka Unik

Mahasiswa UM Purworejo Ubah Pohon Pisang Menjadi Boneka Unik

MUHAMMADIYAH.ID, Purworejo – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Daur Ulang Debog Dolls (PKM Dalang Bodol) meningkatkan nilai manfaat pada pohon pisang atau debog dengan mengolahnya menjadi boneka yang unik dan ramah lingkungan.

Tim PKM Dalang Bodol ini terdiri dari Aulia Yulia Rahma(Pend. Matematika), Febriyanto Kurniawan(Pend. Matematika), Nur Laeli Sangadah(Pend. Matematika), Istiqomah(Pend. Matematika) dan Endah Sulistiani(Pend. Bahasa Inggris) dengan dibawah bimbingan Isnaeni Maryam.

 “Daerah Purworejo potensi alam terutama buah pisang sangat melimpah tetapi hingga saat sebagian besar masih terbatas pemanfaatannya pada buah dan daun sedangkan batangnya belum termanfaatkan dibiarkan saja. Kami mencoba menginisiasi pemanfaatannya untuk dijadikan kerajinan berupa bermacam boneka yang unik dan tentunya ramah lingkungan,”ungkap Aulia Yulia Rahma,ketua PKM.

Aulia melanjutkan, daur ulang itu diubah dalam bentukboneka hias, boneka wisuda, boneka pernikahan, dan gantungan kunci.

“Hasil kreasi boneka ini dibandrol dengan harga bervariasi mulai dari 5 ribu rupiah sampai 250 ribu rupiah. Pemasaran dalang bodol melalui instagram (@dalangbodol), fb (dalang bodol), dan melalui kontak pesan Whatsapp,” katanya.

Harapannya,dengan inovasi Dalang Bodol ini bisa memberikan solusi pengolahan limbah batang pisang dalam bentuk dengan nilai manfaat, nilai ekonomis lebih tinggi dari biasanya serta memberikan peluang usaha bagi masyarakat.

“Ke depan,kami akan membagikan ilmu keterampilan ini pada ibu-ibu rumah tangga dan remaja agar turut mendapatkan manfaatnya,”pungkas Aulia Yulia. (nisa)

 

Kontributor: Akhmad Musdani

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *