Selasa, 18 Juni 2019
Home/ Berita/ UMS Targetkan 9000 Mahasiswa di Tahun Ajaran 2019/2020

UMS Targetkan 9000 Mahasiswa di Tahun Ajaran 2019/2020

MUHAMMADIYAH.ID, SURAKARTA  – Capaian  demi capaian terus diraih Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dibeberapa tahun terakhir menunjukan UMS semakin dipercaya masyarakat. Hal ini diungkapkan Sofyan Anif, Rektor UMS dalam Pengajian Ramadhan 1440 H PP Muhammadiyah bersama Universitas Muhammadiyah Surakarta, pada (25/5/) di Auditorium Mohammad Djazman UMS.

“Alhamdulillah UMS semkain dipercaya masyarakat sehingga yang mendaftar dan registrasi mengkat. Di tahun ini UMS menargetkan penerimaan mahasiswa baru sembilan ribu, “katanya.

Kepercayaan masyarakat hadir tidak lain karena capaian membanggakan UMS singgung Sofyan Anif, misalnya telah kita ketahui bersama bahwa UMS terlah menjadi perguran tinggi swasta terbaik dalam Quacquarelli Symonds (QS) Wordl University Rankings sejak tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019.

“Alhamdulillah UMS juga masuk dalam 17 Universitas Tembus Top Rangking Perguruan Tinggi Asia bersama beberapa Perguruan Tinggin Negeri dan Swasta yang berada pada rang peringkat 301-350 di Asia,” sebut Sofyan Anif.

Kemudian bulan Februari 2019 lalu yang Alhamdulillah UMS mendapat rangking 10 versi University Rangking (uniRank) 2019 dari 13 perguruan tinggi terbaik se-Indonesia. Karena dari ke-13 Perguruan Tinggi itu hanya UMS yang dari perguruan tinggi swasta, maka UMS dijadikan PTS terbaik nasional di tahun 2019.

Prestasi lain tak kalah mengembirakan kata Sofyan Hanif adalah telah terakreditasinya UMS dengan nilai A dan sejumlah progam studi UMS yang terareditasi A mencapai 50% lebih, yakni sejumlah 26 prodi terakreditasi A dan 25  prodi terakreditasi B.

Kampus yang pada tahun 2021 berkomitmen menjadi World Class University inipun sudah ditunjang kemajuan. Sofyan Hanif menyebut perpustakaan UMS kini sudah terakreditasi A, kemudian riset UMS telah meraih cluster mandiri. Dana terakhir UMS saat ini mencapai 8 miliar 2019 yang diperoleh dari Kementrian Riset dan Perguruan Tinggi RI.

Dalam mendukung World Class University, sejumlah hal telah dilakukan oleh UMS dianataranya penguatan kelas internasional dimana hingga kini UMS telah memiliki mahasiswa asing berjumlah 267, menargetkan 500 jurnal publikasi internasional di tahun 2019.

“Selain itu, UMS juga sudah melakukan kerjasama dengan beberapa melalui jurnal collaboration, ataupun melalui FKIP sudah melakukan magang di beberapa perguruan tinggi di Asean,” kata Sofyan Anif. (Andi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *