Kamis, 25 April 2019
Home/ Berita/ Muhammadiyah Sampaikan Pesan Moral Jelang Pemilu 17 April

Muhammadiyah Sampaikan Pesan Moral Jelang Pemilu 17 April

MUHAMMADIYAH.ID, JAKARTA – Menyambut gelaran akbar Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) pada dua hari mendatang (Rabu, 17 April 2019) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar Konferensi Pers guna menyampaikan pernyataan sikap dan imbauan berkaitan dengan gelaran tersebut.

Bertempat di Aula Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Menteng Jakarta Pusat, Selasa (15/4) Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas, Muhadjir Effendi, dan Sekretaris Umum Abdul Mu’ti membacakan delapan poin yang berisi sikap, imbauan dan dorongan kepada semua pihak yang terlibat dalam gelaran pilpres dan pileg.

“Muhammadiyah menyampaikan pesan moral yaitu kita ingin bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa untuk mencerahkan kehidupan bangsa setelah tujuh bulan lebih hidup dalam suasana proses pemilu. Dengan dengan delapan poin ini Muhammadiyah sudah cukup representatif untuk menyongsong hari-H pemilu dalam konteks kebangsaan yang lebih luas,” ucap Haedar.

Lebih lanjut, Haedar mengaku percaya dengan pengalaman pemilu yang telah dilalui sejak masa Orde Lama, Orde Baru, hingga reformasi, bangsa Indonesia mampu mengawal pemilu dengan sikap yang beradab.

“Kami percaya semua anak bangsa sudah matang, cerdas dan bijaksana. PP Muhammadiyah mengingatkan memori kolektif bangsa ini bahwa kita sudah melakukan 11 kali. Poin ini perlu kita kedepankan untuk meyakinkan bersama dan belajar dari pengalaman sehingga kita semakin yakin bahwa kita semakin matang, cerdas dan bijaksana dalam pemilu. Ada dinamika dan riak itu wajar. Hari H, kita harus toleran dan tenang,” pesan Haedar. (Afandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *