Kamis, 25 April 2019
Home/ Berita/ Partisipasi Masyarakat Terhadap Politik Sangat Diperlukan

Partisipasi Masyarakat Terhadap Politik Sangat Diperlukan

MUHAMMADIYAH.ID, SURABAYA - Memotori diskusi pendidikan politik yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Rabu (20/3), Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto menyampaikan pentingnya partisipasi masyarakat untuk mengarahkan demokrasi menjadi lebih baik.

Hal tersebut disampaikan berkaitan dengan iklim politik dari hampir seluruh politisi yang cenderung memanfaatkan masyarakat hanya untuk meraup suara semata.

"Rakyat itu dalam demokrasi kewenangannya hanya sebagai pemilih. Selebihnya, kewenangan milik penguasa. Struktur politik bisa berubah jika kewenangan masyarakat dan kontrak politiknya diperjelas pasca pemilu. Apalagi saat ini masih belum tercipta hukuman politik," ungkap Sunanto.

Menurut Sunanto, peningkatan masyarakat terhadap partisipasi politik amat diperlukan karena mengandalkan petugas saja tidak cukup. Bahkan Sunanto berharap masyarakat dapat menghukum partai politik yang tidak amanah dengan tidak memilihnya dalam pemilu disebabkan keadaan yang sesuai.

"Demokrasi akan baik jika berpikir dalam pemilu secara konstruktif. Karena ini pertarungan demokrasi seharusnya narasi ilmunya disampaikan, bukan teori politik. Sekarang yang muncul bukan narasi politik kenegaraan, sehingga yang nampak adalah persaingan politiknya, bukan narasi membangun masa depan," kata Sunanto.

Atas hal tersebut, Sunanto di hadapan para mahasiswa berpesan agar lebih menguatkan idealisme, kualitas intelektual dan idealismenya. Hal tersebut, bagi Sunanto mengawal jalan kepada partisipasi masyarakat di dalam politik.

"Tanpa ada partisipasi publik saya kira harapannya kecil untuk mengubah demokrasi kita ke arah yang lebih baik. Mari kita gerakkan partisipasi masyarakat untuk menegakkan menghasilkan demokrasi yang benar-benar bersih dan berkualitas," pungkasnya. (Afandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *