Rabu, 17 Juli 2019
Home/ Berita/ Kunjungi Sekolah Muhammadiyah di Kangean, Haedar Tekankan Kesolidan Menjaga Persyarikatan

Kunjungi Sekolah Muhammadiyah di Kangean, Haedar Tekankan Kesolidan Menjaga Persyarikatan

MUHAMMADIYAH.ID, KANGEAN - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nasir, bersama Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Efendi, pada Selasa (19/3) hadir di MTs YPPMI MuhammadiyahKangeandisambut  antusias ribuan lebih peserta tamu undangan.

Dalam kesempatan itu Haedar menyampaikan bahwa kemajuan dakwah  organisasi Muhammadiyah akan terus maju bila dibangun dengan kebersamaan pengurus  dan juga antar  Lembaga dan Amal Usaha (AUM).Selain itu, Haedar juga mengapresiasi  kemajuan Cabang Muhammadiyah Kangean.

“Pulau Kangean ini indah, dan  insyaallah sekalipun jauh dari Jakarta akan lahir kader-kader persyarikatan  umat dan bangsa,”ungkap Haedar. Ia juga berpesan agar menjadikan Muhammadiyah sebagai tempat pergerakan benih-benih ulul Albab.

“Kita harus mampu menyemai kader-kader dan iman dan kepribadiannya  kuat dan memiliki kualitas pengetahuan serta berperan dalam ummat, bangsa, negara dan kemanusiaan,” jelasnya.   

Disamping itu, Ia juga menekankan pentingnya warga persyarikatan terus mengajarkan penekanan pada  pembinaan  akhlak, baik di sekolah, rumah dan masyarakat serta penguatan literasi baca.

“Islam mengajarkan pada wahyu pertama yakni Iqra’, hal ini nantinya akan memberikan pencerahan atau addinu attanwir, inilah yang akan menjadi petanda kemajuan bangsa,” ungkapnya.

Sementara itu, Mendikbud Muhadjir Efendi dalam sambutannya menyampaikan harapan nanti akan lahir  generasi yang unggul dari lulusan sekolah-sekolah Muhammadiyah Kangean.

“Kalau di  Dirjen itu sudah ada, kedepan harus ada yang lahir menjadi mentri atau presiden dari sekolah Muhammadiyah Kangean,”tutur Haedar.

Selain itu, Haedar dan Mendikbud turut menyempatkan diri mengunjungi sekolah SMA Muhammadiyah 3 dan Sekolah Dasar Muhammadiyah Kangean bersama ketua PDM Sumenep, Moh Yasin.

Disela-sela  kunjungan tersebut, Moh Yasin juga  menyampaikan sejarah lahirnya Muhammadiyah Kangeanyangtidak lepas dari sosok Abdul Kardir Muhammad yang sekaligus keponakan langsung dari Kiyai Haji Mas Mansoer pahlwan Nasional RI.

“KH Mas Mansoer punya saudara bernama   Mas Muhammad, dan KH Mas Mansoer menugaskan beliau berdakwah di Kangean, dan sampai saat ini cucunya turut mengembangkan organisasi Muhammadiyah di kangean,” jelasnya.

Sumber:Lutsfi Siswanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *