Selasa, 19 Maret 2019
Home/ Berita/ ATM Beras Lazismu Hadir di Tanwir Muhammadiyah Bengkulu

ATM Beras Lazismu Hadir di Tanwir Muhammadiyah Bengkulu

MUHAMMADIYAH.ID, BENGKULU-- Kini Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bukan hanya digunakan tarik tunai uang, tapi juga beras. Tarik tunai beras tersebut direplikasi oleh Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu). Terobosan tersebut guna mempermudah mustahiq dalam memperoleh distribusi zakat.
 
Manajer Program Lazismu Pusat, Falhan Nian Akbar saat ditemui tim Muhammadiyah.id pada Sabtu (16/2) mengatakan, program tersebut sudah berjalan sejak lama, akan tetapi secara simbolis penyerahan ATM Beras kepada Kantor Wilayah LazisMu Bengkulu baru dilakukan pada tanggal 14 Februari 2019 bersamaan dengan acara Tanwir di Bengkulu.
 
"Program secara umum sebenarnya sama secara nasional, akan tetapi untuk lebih rinci kita serahkan kepada Wilayah masing-masing, karena setiap wilayah tidak bisa disamakan menginggat tiap wilayah punya kecenderungan berbeda," kata Falhan.
 
Untuk penempatan mesin ATM Beras akan ditempatkan di kantor Wilayah Lazismu. Kemudian setiap mustahiq akan diberikan kartu yang akan bisa dipakai untuk tarik tunai yang bisa digunakan sesuai jatah yang telah ditetapkan oleh Lazismu tiap wilayah.
 
"Mengingat mesin tidak bisa menampung beras terlalu besar, maka pengambilan beras oleh mustahiq dibatas tiap bulan sekali. Jika jatah bulan ini sudah diambil, maka beras bisa didapat kembali pada bulan depan," tambahnya.
 
Sedangkan untuk stok beras sendiri, Lazismu mendapatkan dari Muzakki yang secara langsung berinfak beras atau pun muzakki yang berinfak uang yang kemudian kita belikan beras kepada petani.
 
Diharapkan dari ATM beras ini bisa memudahkan Mustahiq yang menerima bantuan dan Muzakki yang memberikan beras secara langsung. Selain itu replikasi ATM yang dilakukan Lazismu guna menangapi kemajuan zaman teknologi yang semakin cangih. (aan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *