Minggu, 25 Agustus 2019
Home/ Berita/ MDMC Lakukan Penyuluhan Kesehatan Lingkungan Bagi Warga di Sigi dan Donggala

MDMC Lakukan Penyuluhan Kesehatan Lingkungan Bagi Warga di Sigi dan Donggala

MUHAMMADIYAH.ID,SIRENJA - Tim kesehatan Muhammadiyah Disaster Managemen Center (MDMC) melakukan penyuluhan kesehatan lingkungan, di pengungsian Duren Dusun 2 Desa Tanjung Padang Kecamatan Sirenja, Selasa (5/2).
 
Materi yang dibahas seputar pengelolaan sampah di sekitar lingkungan warga. 
 
Hervina selaku koordinator kesehatan masyarakat MDMC menyampaikan mdmc melakukan program ini untuk mendukung terciptanya lingkungan yang sehat.
 
 "Untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat harus dimulai dengan lingkungan yang sehat salah satu caranya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Karena itu MDMC melakukan program yang mendukung terciptanya lingkungan sehat dengan memberikan tong sampah gratis kepada warga pengungsian," jelasnya. 
 
MDMC juga memberikan tong sampah kepada setiap kepala keluarga yang menghuni tenda pengungsian. Rinciannya, dari 78 tong sampah ukuran 42 liter, sebanyak 47 diantaranya telah dibagikan. Ada juga 4 tong sampah ukuran 60 liter yang diletakkan di tempat umum.
 
Sementara di Pantoloan Palu, sebanyak 75 tong sampah rumah tangga, 3 tong sampah komunal, 1 gerobak sampah, dan 1 bank sampah masih dalam tahap distribusi. 
 
Untuk di Kabupaten Sigi, MDMC menyebarkan 18 tong sampah ukuran 60 liter. Sedangkan di Bobo 20 tong sampah 42 liter dan 2 tong sampah 60 liter. Sementara di Wani, telah tersebar 10 bak sampah komunal di 5 desa. 
 
Salah satu pengungsi, Alfiyah mengaku terbantu dengan program MDMC ini. 
 
"Saya biasanya membuang sampah di halaman lalu dibakar. Dengan adanya tong sampah ini, semoga lingkungan tenda jauh dari nyamuk," harap wanita 50 tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *