Jum'at, 19 April 2019
Home/ Berita/ Antusiasme Mahasiswa UM Mataram Memperdalam Bahasa Arab

Antusiasme Mahasiswa UM Mataram Memperdalam Bahasa Arab

MUHAMMADIYAH.ID, MATARAM — Dunia yang tanpa batas saat ini, manusia dituntut untuk mampu menguasai banyak bahasa. Selain bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, adalah Bahasa Arab juga banyak diminati oleh mahasiswa. Selain karena minat dan bakat, pilihan untuk belajar bahasa Arab juga karena bahasa al Qur’an.

Zaki Abdillah, Wakil Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) UMMat menerangkan terkait ditetapkannya bahasa arab sebagai MKDU karena antusiasme yang tinggi dari mahasiswa untuk belajar bahasa arab.

“Sebelumnya Lembaga Bahasa mengadakan program belajar bahasa Arab, ternyata disambut dengan antusias tinggi oleh mahasiswa. Maka, dari itu tahun ajaran baru bahasa Arab akan ditambahkan ke MKDU yang harus diambil setiap mahasiswa," urai Dzaki melalui siaran pers yang diterima oleh tim Muhammadiyah.id, Selasa (22/1).

Selain mahasiswa, tingginya minat belajar bahasa Arab datang juga dari dosen.

“Meski tidak mengambil prodi bahasa Arab, setidaknya semua mahasiswa menguasai dasar bahasa Arab. Tidak hanya mahasiswa, dosen pun tidak kalah antusias dalam belajar bahas Arab,” ungkapnya.

Diterapkannya belajar bahasa Arab bagi civitas akademika di UMMat, sebagai bentuk apresiasi terhadap bahasa al Qur’an. Serta bagi mahasiswa yang meskipun tidak prodi bahasa Arab, setidaknya mengetahui dasar bahasa Arab. Juga kepada dosen untuk bisa menambah kemampuan mereka dalam kemampuan bahasa asing. (a'n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *