Minggu, 25 Agustus 2019
Home/ Berita/ RSGM UMS Kini Resmi Beroperasi

RSGM UMS Kini Resmi Beroperasi

MUHAMMADIYAH.ID, SURAKARTAStigma perempuan sebagai manusia kasta kedua dihapus bersih oleh Muhammadiyah. Selain mendirikan organisasi keperempuanan, apresiasi Muhammadiyah terhadap perempuan disisi lain adalah mengabadikan jasa mereka dengan menamai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dengan nama perempuan.

Setelah sebelumnya, apresiasi Muhammadiyah terhadap perempuan diekspresikan dengan memilih nama Siti Walidah sebagai nama gedung pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), juga ada Masjid dengan nama seorang perempuan, Sudalmiyah.

Kini, giliran nama Soelastri Gito Atmojo, salah satu kader perempuan terbaik yang dimiliki oleh Muhammadiyah, juga mantan ketua ‘Aisyiyah tahun 60an, namanya diabadikan sebagai nama Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UMS.

“Jasanya sangat besar bagi Muhammadiyah khususnya kaum perempuan. Sebagai bentuk apresiasi kami mengabadikan beliau jadi nama Rumah Sakit Gigi Mulut (RSGM) Hj Soelastri UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)," kata Dahlan Rais, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, saat meresmikan RSGM, Senin (21/1).

RSGM Hj Soelastri UMS yang diresmikan ini terletak di JL. Slamte Riyadi Solo ini merupakan RSGM tercanggih di Solo Raya, yang nanti peruntukkannya bukan hanya untuk civitas UMS, tapi juga melayani masyarakat umum.

Hadir dalam peresmian ini, Sulastomo, putra dari Soelastri. Ia bersyukur atas apresiasi yang diberikan Muhammadiyah kepada ibundanya. Seorang ibu yang menurutnya memiliki jiwa ber-Muhammadiyah dengan teguh, ibu yang selalu berpesan kepadnya untuk selalu menghidupi Muhammadiyah dimanapun berada.

"Satu pesan ibu yang terus diingat anak anaknya, hidup hidupilah Muhammadiyah dan jangan hidup dari Muhammadiyah, juga teruslah melakukan kegiatan sosial," ucap Sulastomo menirukan Ibunya. (a'n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *