Rabu, 16 Januari 2019
Home/ Berita/ Alumni UMY Ini Diangkat Menjadi Dubes Indonesia untuk Turki

Alumni UMY Ini Diangkat Menjadi Dubes Indonesia untuk Turki

MUHAMMADIYAH.ID, YOGYAKARTA – Lalu Muhammad Iqbal, Alumni Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Angkatan 1992 diamanahi menjadi Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Turki.

Muhammad Iqbal sebelumnya menjabat sebagai Direktur Perlindungan Warganegara Indonesia –Bantuan Hukum Indonesia (PWNI – BHI) pada Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) RI. Selain bergulat di bidang advokasi WNI yang terkena masalah diluar negeri, ia juga menjadi juru bicara di Kemlu.

Muhammad Iqbal terpilih dari 22 nama calon yang di seleksi dalam uji kelayakan kepatutan di Komisi I DPR RI. Setelah terpilih Iqbal megaku akan melakukan banyak hal atas amanah barunya tersebut.

Pria yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) itu dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama 16 duta besar lainnya di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (7/1/2019),berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia 1/P/2019 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia.

Muhammad Iqbal berharap pengalamannya selama ini di Kemenlu menjadi modal utama peranannya di Dubes Turki, seperti  yang sudah dilakukannya di Kemenlu yaitu seperti membangun SDM melalui beasiswa ke luar negeri dan beberapa advokasi WNI yang terkena masalah di luar negeri. (Andi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *