Rabu, 27 Maret 2019
Home/ Berita/ Konsolidasi Relawan Muhammadiyah, Tingkatkan Penguatan Respon Kebencanaan

Konsolidasi Relawan Muhammadiyah, Tingkatkan Penguatan Respon Kebencanaan

JAKARTA, MUHAMMADIYAH.OR.ID Pimpinan Pusat Majelis Pelayanan Sosial (PP MPS) Muhammadiyah menyelenggarakan Pelatihan dan Konsolidasi Relawan Muhammadiyah selama tiga hari (4-6 Januari 2019) di Grand Prioritas Hotel, Cisarua, Bogor untuk pembekalan para relawan Muhammadiyah.

Koordinator Nasional Relawan "KawanMu" PP MPS, M Ihsan Tanjung menyatakan acara ini digelar dalam rangka pembekalan berbagai macam ilmu kebencanaan bagi setiap anggota agar bisa memaksimalkan peran saat bertugas di lapangan.

"Mereka juga belajar psikososial dalam penanggulangan bencana termasuk kelompok lansia. Hal ini penting karena dapat meminimalisir trauma dari dampak pasca bencana," ujar Ihsan di lokasi acara, Sabtu (5/1).

M Ihsan menyatakan pelatihan KawanMu memiliki dua tujuan, yaitu konsolidasi relawan Muhammadiyah sebagai penguatan respon kebencanaan dan peningkatan kapasitas pengetahuan dan keterampilan relawan muhammadiyah dalam melaksanakan tugas.

Koordinator Lapangan KawanMu Suhendra menyatakan bahwa jumlah peserta adalah 60 orang yang berasal dari perwakilan MPS tingkat pusat dan wilayah, panti asuhan Muhammadiyah di 'Aisyiyah, perguruan tinggi dan aktivis pendampingan anak khususnya yang berpengalaman bekerja di NTB, Sulteng dan Selat Sunda. Pendalaman materi psikososial diberikan oleh staf Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (Afandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *