Kamis, 13 Desember 2018
Home/ Berita/ SD Muhammadiyah 1 Ketelan Terima Penghargaan Pagelaran Wayang

SD Muhammadiyah 1 Ketelan Terima Penghargaan Pagelaran Wayang

MUHAMMADIYAH.ID, SOLO --  SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo menerima penghargaan sebagai Penyaji Kolaborasi Wayang Kulit dan Wayang Orang melalui Piagam Penghargaan Nomor : 15903/IT6.1/TU/2018 dalam kegiatan Hari Wayang Dunia (HWD) IV Tahun 2018 “Gebyar Wayang Jagad Mendalang, Strategi Pemajuan Kebudayaan”pada Selasa (6/11).

Kepala Sekolah Sri Sayekti menjelaskan bahwa ada  40 peserta didik beradu keterampilan, mengolah kemampuan dalam pagelaran padat yang berdurasi lebih kurang 60 menit itu.

“Dengan didukung sarana prasarana yang memadai seperti gamelan dan Tim Karawitan, saat ini kami telah tampil di tingkat kota, nasional dan internasional,” jelasnya.

Menurutnya, HWD menjadi peristiwa penting sebagai motivasi SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo untuk tetap eksis dalam mengawal perkembangan melalui jagat pendidikan.

Kemudian Agung Pengurus Pesatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) menjelaskan bahwa kolaborasi wayang tersebut memang diatur untuk memadukan bidang seni pedalangan, karawitan, dan tari.

“Secara tidak langsung, sajian karya tersebut sebagai media untuk pembentukan karakter anak bangsa dan budi pekerti menuju insan berkemajuan,” katanya. (nisa)

Sumber: Jatmiko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *