Kamis, 13 Desember 2018
Home/ Berita/ Hadapi Industri 4.0, UMSU Luncurkan Perpustakaan Digital

Hadapi Industri 4.0, UMSU Luncurkan Perpustakaan Digital

MUHAMMADIYAH.ID, MEDAN – Menjawab tantangan perkembangan era digital yang semakin pesat dan revolusi industri 4.0, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) meluncurkan perpustakaan digital, pada Sabtu (10/11) di Auditorium Kampus Utama, Jalan Muktar Basri Medan.

Peluncuran perpustakaan digital ini bekerjasama dengan PT Enam Kubuku Indonesia. Peluncuran ini ditandai dengan pemutaran video tentang aplikasi perpustakaan digital UMSU yang dilakukan oleh Muhammad Arifin Gulton (Wakil Rektor I UMSU), Jozep Edyanto (Direktur Utama PT Enam Kubuku Indonesia).

Muhammad Arifin Ghulton, Wakil Rektor I UMSU mengatakan, sangat mengapresiasi diluncurkannnya perpustakaan digital UMSU. Diakui perkembangan UMSU khususnya perpustakaan mengalami akselerasi dalam dekade terakhir ini.

“Kita berharap semua bisa memanfaatkan perpustakaan digital UMSU yang sudah diluncurkan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung kegiatan akademik,” katanya.

Perkembangan perpustakaan UMSU begitu pesat selain dukungan terbaik oleh rektor adalah hasil Akreditasi A perpustakaan UMSU oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional (LAPN) pada 3 September 2018.

Jozep Edyanto, Direktur Utama PT Enam Kubuku Indonesia mengatakan, pihaknya mendukung penuh perkembangan perpustakaan digital UMSU terlebih perkembangan perpustakaan di era digital dan revolusi 4.0 semakin pesat. Perpustakaan tidak bisa lagi hanya melayani kalangan internal tetapi jangakauannya sangat luas seluruh dunia bahkan kerjanya 24 jam.

Jozep menjelaskan, perpustakaan digital ini memudahkan mahasiswa khusunya yang jauh dan saat pulang kampung tetapi tetap bisa menyelesaikan tugas kampusnya tanpa kwatir lagi mencari buku di perpustakaan.

Dia juga berpesan agar UMSU memiliki motto perpustakaan yakni perpustakaan tanpa dinding, perpustakaan yang buka 24 jam dan bisa diakses melalui andoid maupun PC.

Sejumlah fitur yang terdapat di perpustakaan digital UMSU diantaranya pencarian kalimat, catatan dan stabilo, salin daftar pustaka, salin info buku, kutip dan bagikan, serta text-to-speech yang bisa mecari berdasarkan kalimat isi buku.

Selain peluncuran aplikasi perpustakaan digital UMSU, juga dilakukan MoU antara perpustakaan UMSU dengan PT Enam Kubuku Indonesia, Graha Ilmu, Perpustakaan Unibersitas Negeri Sumatera Utara, Perpustakaan Universitas Pembangunan Panca Budi, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia dan Universitas Quality. (Andi)

Sumber: Humas UMSU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *