Selasa, 20 November 2018
Home/ Berita/ MDMC Kalsel Berikan Pendampingan Psikososial Bagi Korban Bencana Palu

MDMC Kalsel Berikan Pendampingan Psikososial Bagi Korban Bencana Palu

MUHAMMADIYAH.ID,BANJARMASIN -  Selaraskan dengan program Puskesmas lokasi bencana, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) telusuri pelosok Kabupaten Sigi, Desa Mantikola, Dolo Barat, guna melakukan pelayanan kesehatan warga terdampak bencana yang belum mendapat akses layanan kesehatan.

Diterjunkan mulai tanggal  29 Oktober sampai 5 November 2018, tim MDMC Wilayah Kalsel selama dilokasi telah banyak memberikan pelayanan kesehatan. Salah satunya kerjasama dengan Puskesmas Kalele.

Meldy Muzada Elfa, ketua MDMC Wilayah Kalsel menyampaikan, kerjasama dengan pihak Puskesmas bukan hanya pelayanan kesehatan, melainkan juga pendataan Ibu hamil.

Sementara, Ayutria Oktaviana relawan MDMC yang ditugaskan untuk melakukan pendampingan Psikososial menambahkan, bahwa dalam menjalankan tugas kemanusiaan, timnya tidak membedakan asal agama korban atau penyitas.

Selain itu, pengalaman menarik lainnya adalah perjalanan yang dlewati oleh Relawan MDMC dari Pos Koordinasi (Poskor) menuju Desa Mantolika ditempuh selama 6 jam bolak-balik. Meski perjalanan yang lama tim dihibur dengan pemandangan indah perbukitan selama menuju lokasi.

Ketangkasan tim kembali diuji, karena lokasi yang jauh, penduduk lokal masih ketakutan dan banyak yang tidak berbahasa Indonesia.

“Penduduk masih jarang yang bisa berbahasa Indonesia, tapi untungnya petugas dari Puskesmas membantu kami dengan menjadi transletor,” pungkas Ayutria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *