Selasa, 20 November 2018
Home/ Berita/ Haedar: Harapan Bangsa Terhadap PTMA Sangatlah Besar

Haedar: Harapan Bangsa Terhadap PTMA Sangatlah Besar

MUHAMMADIYAH.ID, YOGYAKARTA –  Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan bahwa harapan bangsa terhadap Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) sangat besar. Sebesar 10 persen dari jumlah mahasiswa nasional mengenyam pendidikan di PTMA. Sehingga Haedar menilai, dalam meningkatkan kualitas harus menjadi konsen PTMA ditengah persaingan yang luar biasa.

Hal tersebut disampaikan Haedar dalam acara pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kemahasiswaan PTMA yang digelar oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah pada Kamis (8/11) bertempat di Grand Quality Hotel Yogyakarta.

Haedar berpesan agar agenda rakornas ini dapat membahas masalah yang current isu dan komprehensif, serta mengacu pada pengalaman masing-masing PTMA.

Pertama, jadikan forum ini untuk konsolidasi PTMA agar dapat tumbuh menjadi PTMA yang betul-betul berkualitas.

“Karena kualitas lah yang akan membawa bangsa ini dan juga Muhammadiyah menjadi maju,” ucap Haedar.

Kedua, membahas isu radikalisme di kampus, organisasi kemahasiswaan dan isu lainnya, harus komprehensif.

“Hal ini bertujuan agar Muhammadiyah maupun negara tidak boleh tergopoh-gopoh dan mengambil kebijakan yang sifatnya imperatif tetapi kurang dukungan kajian yang komprehensif,” tegas Haedar.

Ketiga, mahasiswa PTMA harus menjadi pionir dan menjadi mahasiswa yang berkemajuan, sebagaimana pemikiran Muhammadiyah yaitu Islam berkemajuan.

“Bagaimana mahasiswa adalah mahluk intelektual yang digodog di kampus untuk menjadi ulil albab dan dengan spirit intelektual akhlak mulia itu maka bangsa ini akan dipimpin oleh elit yang lahir dari kampus yang luhur, jujur, amanah dan teladan, juga berpikiran maju. Salah satu yang bisa membawa pikiran maju adalah mahasiswa,” pungkas Haedar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *