Selasa, 20 November 2018
Home/ Berita/ Persiapkan Masyarakat Tangguh Bencana, MDMC Adakan Pelatihan

Persiapkan Masyarakat Tangguh Bencana, MDMC Adakan Pelatihan

MUHAMMADIYAH.ID, SULAWESI TENGAH -- Tim Psikososial Pos Layanan (Posyan) Wani II Muhammadiyah Disaster Managemen Center (MDMC) telah melakukan Pelatihan Mitigasi Bencana pada Rabu (7/11) di Kantor Balai Desa Wani II, Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Mohammad Reza Dwisyaputra, Sekretaris Desa Wani II menjelaskan bahwa Pelatihan Mitigasi Bencana sangat penting untuk dipelajari dan dipahami oleh seluruh masyarakat.

“Masyarakat harus segera bangkit dan berusaha memperbaiki diri untuk masa depan, salah satunya dengan mengkuti kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana,” jelasnya.

Kemudian Jeri Perdana selaku koordinator psikososial Posyan  Wani II menjelaskan bahwa latar belakang diberikannya pelatihan tersebut karena wilayah Wani II merupakan salah satu wilayah yang dekat dengan pelabuhan dan menjadi salah satu wilayah yang terdampak gempa dan tsunami cukup parah.

“Tujuan diberikannya pelatihan mitigasi bencana adalah menjadikan masyarakat semakin tanggap dalam menghadapi bencana yang terjadi sewaktu-waktu,” katanya.

Lalu, Hendra Purwanto selaku pemateri Pelatihan Mitigasi Bencana menjelaskan bahwa wilayah Indonesia berada pada wilayah ring of fire sehingga Indonesia menjadi salah satu wilayah yang rentan akan bencana. Sulawesi adalah salah satu wilayah yang berada pada lempeng pasifik dan rentan akan bencana alam.

“Masyarakat harus terbiasa memahami bahaya di sekitar tempat tinggal, memahami sistem peringatan setempat seperti rute evakuasi dan titik kumpul pengungsian, meningkatkan keterampilan mengevakuasi situasi secara cepat dan inisiatif cepat untuk melindungi diri,” jelasnya. (nisa)

Sumber: Nata Hendriati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *