Selasa, 20 November 2018
Home/ Berita/ Din Kembali Terima Gelar Kehormatan dari Pemerintah Jepang

Din Kembali Terima Gelar Kehormatan dari Pemerintah Jepang

MUHAMMADIYAH.ID, TOKYO — Banyak berkiprah dan berdedikasi atas pengenalan Pemerintah Jepang dan masyarakat Jepang dengan masyarakat Islam, Din Syamsuddin Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Periode 2005-2015 dianugerahi gelar “The Order of Rising Sun, Gold, and Silver Star” dari Kaisar Akihito pada Selasa (6/11) di Istana Kekaisaran Tokyo.

Din menuturkan, penghargaan yang diterimanya tidak lepas dari peran Muhammadiyah di duniaInternasional. Ia menganggap penghargaan ini merupakan milik semua warga Muhammadiyah.

Bintang penghargaan yang diterima dari Jepang merupakan yang kedua, sebelumnya pada Spetember 2016 Din juga menerima “The Japanese Foreign Minister’s Commendetion” dari Menteri Luar Negeri Jepang melalui Dubes Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki.

Aya Kumakura, Humas Dubes Jepang untuk Indonesia menyampaikan, selain mempromosikan interaksi antar pemerintah Jepang dengan Islam. Din juga telah membantu Jepang untuk mensosialisasikan makanan halal di Jepang.

“Dengan pengalaman beliau sebagai Ketua Umum MUI yang merupakan sebuah lembaga sertifikasi halal di Indonesia. Sehingga beliau berkontribusi agar Jepang memberikan fasilitas, kepada para wisatawan asing dari negara-negara Islam di Jepang," tuturnya.

Hubungan Din dengan Jepang sebenarnya telah terjalin sejak 2004, yang saat itu Ia rutin menghadiri dan memberikan ceramah pada International Peace Prayer di Sendai Buddhist Temple, Mount Hiei, Kyoto; hingga bekerjasama dengan Association on Communication of Transcultural Studies Foundation (ACT Foundation) dan Japanese Companies yang memiliki afiliasi dengan Partai Demokratik Liberal.

Hubungan tersebut semakin kuat dan baik ketika Din menjabat sebagai Presiden-Moderator Asian Conference of Religions for Peace (ACRP) yang bermarkas di Tokyo sejak 2007. (a'n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *