Selasa, 20 November 2018
Home/ Berita/ Cabang dan Ranting Unggulan Muhammadiyah Meriahkan LPCR Expo 2018

Cabang dan Ranting Unggulan Muhammadiyah Meriahkan LPCR Expo 2018

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA - Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan selenggarakan Ekonomic Expo dan Anugerah Cabang – Ranting Muhammadiyah Unggulan Nasional pada tanggal 19 sampai 20 Oktober di Gunung Pring, Magelang.

PCM dan PRM merupakan ruh gerakan Muhammadiyah. Sehingga tidak jarang PCM dan PRMdisebut sebagai ujung tombak  gerakan Muhammadiyah.

“Serta para pengerak Cabang dan Ranting merupakan mujahid-mujahid Muhammadiyah yang paling depan dalam berjuang dan bersentuhan secara langsung dengan masyarakat,” tutur Ahmad Norma Permata, ketua LPCR PP Muhammadiyahdalam konferensi pers yang digelar pada Kamis (18/10) di Aula Kantor PP Muhammadiyah Jl Cik Ditiro No 23, Yogyakarta.

Norma mengistilahkan PCM dan PRM sebagai akar tungang yang menopang pohon besar bernama Muhammadiyah.

“Mereka yang bergerak di Cabang maupun Ranting merupakan akar-akar yang menopang pergerakan Muhammadiyah,” ungkap Norma.

LPCR yang berdiri sejak tahun 2010, tepatnya saat Muktamar satu abad Muhammadiyah di Yogyakarta ini memulai geliatnya dengan pemetaan kondisi Pimpinan Cabang dan Ranting.

“Pemetaan tersebut menemukan berbagai kekurangan yang harus dibenahi. Akan tetapi di sisi lain LPCR juga menemukan keunggulan yang bisa dianggkat untuk di tampilkan sebagai model percontohan bagi Cabang dan Ranting lain,” tutur Norma.

Norma juga menyampaikan, diadakannya expo ini memiliki tujuan untuk mengenalkan potensi yang dimiliki cabang dan ranting, serta momen untuk pendataan. Selain tujuan internal, expoinijuga memiliki tujuan eksternal yaitu menetralisir ketegangan tahun politik melalui expo yang mengembirakan.

Rencanya, expo yang diselengarakan selama 3 hari, ini diikuti sebanyak 37 perwakilan. Terdiri dari 25 perwakilan Cabang dan 12 perwakilan Ranting Muhammadiyah seluruh Indonesia.

Safar Nasir, Wakil Ketua LPCR PP Muhammadiyah menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini sengaja dibatasi.

“Jumlah tersebut memang kami batasi, mengingat jumlah Cabang dan Ranting Muhammadiyah yang memiliki keunggulan jumlahnya melimpah,” terang Safar.

Sementara, Isngadi Marwah Atmadja, Sekretaris LPCR PP Muhammadiyah menambahkan. “Penilaian akan meliputi 4 kategori, yaitu mengenai pelibatan angkatan muda dalam gerakan, adanya amal usaha kreatif, ketertiban organisasi, dan program penguatan jama’ah,” pungasIsngadi. (A’n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *