Minggu, 16 Desember 2018
Home/ Berita/ Mahasiswi UMS Harumkan Nama Indonesia dalam Asian Silat Championship 2018 di India

Mahasiswi UMS Harumkan Nama Indonesia dalam Asian Silat Championship 2018 di India

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA Mewakili Indonesia turun di kejuaran Invitation 4th Asian Silat Championship 2018 di India,Dela Kusumawati, mahasiswiUniversitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menyabet juara 2.

Setelah tahun 2017 menjuarai Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS), Dela berhak mendapatkan tiket untuk mewakili Indonesia dalam kejuaran Internasional pencak silat negara-negara Asia. Mahasiswi Pendidikan Olahraga Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (POR FKIP) UMS ini melewatai tahapan yang tidak mudah.

Sebelum terjuan di kejuaraan, Dela melewati persiapan dengan latihan rutin dan keras. Mulai dari sebelum dan sesudah pemanggilan atlet dari PB IPSI terkait dengan kejuaraan ini. Ditambah dengan program Minat Bakat Olahraga (MBO) Pencak Silat yang dilakukan oleh program studi POR FKIP UMS sendiri. Dela menuturkan bahwa berkat dukungan dari teman-teman dan keluarga dia berhasil meraih medali perak ini, perolehan medali ini sudah sesuai targetnya.

Pada babak penyisihan, Dela berjuang keras mengalahkan juara Sea Games 2017 asal Malaysia, Siti Sazwana. Dilanjut pada babak semifinal, Dela menang dengan mudah dari atlit tuan rumah dengan skor telak 5-0.

Sayang dipartai puncak, setelah melalui pertandingan sengit, Dela tumbang dari pesilat asal Vietnam, Thi Loan Hoang. “Aku harus mengakui keunggulan pesilat asal Vietnam,” ungkap Dela.

Prestasi tersebut disambut gembira oleh Nur Subekti, Kepala Program Studi Pendidikan Olahraga (Kaprodi POR). Nur berharap prestasi tersebut bisa menjadi motivasi bagi mahaiswa lain.

“Juara yang diraih oleh mahasiswa kami ini dapat membuktikan bahwa, Mahasiswa POR FKIP UMS mempu bersaing dengan mahasiswa dari Pendidikan Olahraga di Universitas Lain,” ungkapnya. (A’n/Syhariandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *