Rabu, 19 Desember 2018
Home/ Berita/ Pendidikan Pemilu Penting Dipahami Generasi Muda

Pendidikan Pemilu Penting Dipahami Generasi Muda

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA —Menyambut pemilu 2019, Komunitas Independent Sadar Pemilu (KISP), bekerja sama dengan Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan Training Kepemiluan jilid 4. Acara tersebut berlangsung pada (06/10) di Forriz Hotel.

Bertujuan untuk memberikan wawasan kepemiluan, khususnya mengenai sengketa pemilu. Acara menyasar para penggiat langsung dalam pemilu nanti. Edward Pahlevi selaku koordinator KISP mengunggkapkan, bahwa training ini bertujuan untuk menyadarkan kaum muda terhadap pentingnya pemilu.

“Komunitas ini awalnya hanya kumpulan anak muda yang memiliki kebiasaan main game, kemudian dengan kami berinisiatif untuk membentuk komunitas,” terangnya.

Semantara Dyah Mutiarin, Dekan Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) UMY dalam sambutannya mengapresiasi semangat yang dimiliki anak muda dalam membentuk komunitas ini.

 “Dengan adanya komunitas seperti ini, pemuda memilki wadah yang mendorong mereka untuk aktif pemilu,” ujarnya.

Dyah mengharapkan dari komunitas seperti ini bisa memicu kesadaran pemuda dalam melihat isu-isu kepemiluan. Ia menambahkan “Adanya komunitas ini semoga bisa memberi pemahaman dalam memilih pemimpin yang baik dan bersih dari korupsi,” imbuhnya.

Hadir sebagai pemateri, Hendra J. Kede, Wakil Ketua Komisi Infromasi Republik Indonesia berpendapat, aktifitas kepemiluan bukan hanya soal sosialisai. Melainkan pendidikan kepemiluan menjadi hal yang harus diberikan kepada masyarakat.

Hendra menuturkan, sosialisasi pemilu relatif lebih mudah dilakukan, dari pada pendidkan pemilu.

Hendra menjelaskan bahwa ketika memberikan pendidkan pemilu membutuhkan tenaga dan waktu lebih banyak. Karena tujuan dari pendidikan pemilu adalah memberikan paradigma kepada maysarakat untuk bisa melakukan aktifitas kepemiluan yang baik dan memahami tujuan pemilu dengan benar.

Dalam rangkaian acara ini juga diadakan launching buku yang membehas kepemiliuan di mata anak muda, yang berjudul Milenial Voters. (A’n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *