Sabtu, 24 Agustus 2019
Home/ Berita/ Gelar TOT Active Learning, FKIP UM Purworejo Tingkatkan Kompetensi Dosen

Gelar TOT Active Learning, FKIP UM Purworejo Tingkatkan Kompetensi Dosen

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOREJO - Menindaklanjuti komitmen kerjasama antara 3 Perguruan Tinggi di Wilayah Kedu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo (FKIP UMP) bersama Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) dan Universitas Tidar Magelang (UNTID) menyelenggarakan Training of Trainer: Active Learning for Higher Education (TOT ALFHE) di Ruang Seminar UMP pada Senin-Rabu (27-29/8).

Dipaparkan oleh Yuli Widiyono, Dekan FKIP UMP menekankan bahwasanya agenda tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen bersama dalam rangka menggali potensi para dosen untuk bisa menyampaikan semua kompetensi dan bisa menggali informasi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjawab tantangan era sekarang, dimana teknologi sangat diperlukan. Sehingga dengan pembelajaran active learning ini, proses pembelajaran bisa melibatkan teknologi dan metode lainnya yang sesuai dengan perkembangan zaman,” katanya.

Kegiatan ini juga, menurut Yuli, merupakan upaya strategis menyiapkan dosen yang terampil dalam mengelola kelas, tingkatkan keterampilan dalam mengajar. Serta dosen yang mampu memberikan motivasi kepada mahasiswa.

“Kami di sini mempelajari tentang pemanfaatan lingkungan menjadi media pembelajaran, media pembelajaran inovatif, media pembelajaran movie maker, praktik merancang pembelajaran aktif, pembuatan rubrik, perencanaan perangkat pembelajaran (silabus, RPP dan evaluasi) dan praktek pembelajaran secara langsung,” jelasnya.

Kemudian Supriyono, Rektor UMP mengharapkan agar para peserta dapat memanfaatkan event pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi dalam mengelola kelas selama mengajar mulai dari perencanaan, metode, media pembelajaran sampai evaluasi pembelajarannya. (nisa)

Sumber: Akhmad Musdani

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *