Senin, 22 Oktober 2018
Home/ Berita/ Jiwa Tauhid Miliki Kaitan Erat dengan Jiwa yang Merdeka

Jiwa Tauhid Miliki Kaitan Erat dengan Jiwa yang Merdeka

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti menyampaikan bahwa jiwa tauhid mampu membawa Indonesia menuju kemerdekaannya. 
 
"Semangat kemerdekaan memiliki kaitan erat dengan kemanusiaan, keadilan dan ketauhidan," demikian disampaikan Mu'ti membuka pengajian bulanan PP Muhammadiyah bertema "Islam dan Kemerdekaan Indonesia" di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jakarta, Jum'at (10/8).
 
Mu'ti menuturkan jiwa tauhid tersirat pada pembukaan Undang Undang 1945 yang menjelaskan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.
 
"Ketika mengaitkan dengan tauhid, manusia hanya boleh menyembah Allah saja. Oleh karena itu tidak boleh ada makhluk yang memperbudak atau menyembah makhluk lainnya," terang Abdul Mu'ti.
 
"Oleh karena itu heroisme para pahlawan senantiasa selain dipenuhi dengan pekik takbir yang menunjukkan komitmen perjuangan kemerdekaan, juga menunjukkan kaitan yang sangat erat dengan menegakkan tauhid. Ada spirit dan jiwa merdeka yang tumbuh dalam semangat tauhid. Saya kira ini menjadi kajian baru bahwa seorang yang bertauhid memiliki jiwa yang merdeka untuk melawan segala bentuk eksploitasi dan kezaliman," imbuhnya.
 
Turut hadir menjadi pembicara Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, dan mantan Wakil Ketua Umum MPR RI sekaligus Ketua PP Muhammadiyah Hajriyanto Tohari. (afandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *