Senin, 22 Oktober 2018
Home/ Berita/ MDMC Bersama Kelompok KKN UMY Lakukan Trauma Healing Bagi Anak Korban Gempa Lombok

MDMC Bersama Kelompok KKN UMY Lakukan Trauma Healing Bagi Anak Korban Gempa Lombok

MUHAMMADIYAH.OR.ID, LOMBOK- Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) turut terlibat dalam memberikan bantuan pada bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok dan sekitarnya.

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang tergabung dalam Generasi Indonesia Mengabdi (Genesia) terus memberikan pertolongan kepada seruluh korban gempa yang ada di Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sementara, MDMC Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Jawa Timur datang ke posko bencana untuk membantu proses penyaluran bantuan ke masyarakat di posko pengungsian. Kesehatan, pengembalian kondisi psikologis korban, dan membangun dapur umum.

Selain memberikan bantuan fisik, MDMC terus memberikan program – program yang berguna untuk mengembalikan mental para korban gempa.

“Tim MDMC bekerjasama dengan kelompok KKN UMY turut membantu memberikan penanganan trauma healing kepada anak-anak di sekitar posko pengungsian. Pembentukan struktural panitia pengurus penanggulangan bencana sekaligus pembuatan program baru yang meliputi kesehatan untuk masyarakat umum, kelas ceria untuk anak-anak, dan kebersihan untuk masyarakat,” jelas Arif Jamali Muis, Wakil Ketua MDMC PP Muhammadiyah ketika dihubungi pada Sabtu (4/8).

Hingga saat ini MDMC telah mengirimkan Sumber Daya Manusia (SDM) sejumlah 74 relawan yang terdiri dari tim medis : 2 dokter, 5 perawat dan 2 ambulance, tim Psikososial : 67 relawan (MDMC NTB 18 personil, KKN UMY 49 personil). Selain itu, MDMC juga tengah mempersiapkan logistik yakni 500 hygiene kit dan 500 school kit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *