Jum'at, 16 November 2018
Home/ Berita/ Banyuwangi Diterjang Banjir Bandang, Lazismu dan MDMC Dirikan Posko Bantuan

Banyuwangi Diterjang Banjir Bandang, Lazismu dan MDMC Dirikan Posko Bantuan

BANYUWANGI, MUHAMMADIYAH.OR.ID -- Hujan deras yang turun di lereng Gunung Raung, terutama di Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur sejak hari Kamis 21 Juni 2018 pukul 21.00 WIB hingga Jumat (22/6/2018) pagi menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor disertai tumbangnya pohon-pohon di hutan di lereng Gunung Raung.
 
BNPB melaporkan bahwa hujan deras tersebut menyebabkan material longsor dan kayu gelondongan menyumbat sungai dan aliran permukaan. Sehingga, saat hujan terus berlangsung mengakibatkan terjadinya banjir bandang di sepanjang Sungai Badeng, Sungai Binau, dan Sungai Kumbo.
 
Sejumlah kecamatan yang dilewati Sungai Badeng, yakni Kecamatan Songgon, Singojuruh, Rogojampi dan Blimbingsari sebenarnya terdampak dari banjir bandang tersebut, namun kondisi yang paling parah dan menerjang permukiman warga berada di Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, sehingga kami fokus di sini dulu.
 
Berdasarkan data BPBD Banyuwangi, 328 rumah rusak akibat banjir bandang dengan rincian 23 unit rusak berat (dua di antaranya tersapu banjir bandang), 80 unit rusak sedang, yakni terendam lumpur 20 cm hingga 1,2 meter, dan 225 unit rusak ringan. Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut.
 
Desa yang paling berdampak banjir adalah Alasmalang, terutama di :
1. dusun Garit,
2. dusun Bangunrejo.
3. dusun karangasem.
4. dusun wonorekso.
 
Menurut Dr. Mukhlis Lahuddin, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyuwangi yang diperlukan saat ini adalah tenaga relawan untuk membantu membersihkan lumpur di empat dusun tersebut.
 
Oleh karena itu berdasarkan survey lapangan PDM bersama MDMC Kab. Banyuwangi mengintruksikan kepada PCM, PCA, Angkatan Muda Muhammadiyah (Pemuda, IPM, HW, TS, NA, IMM) beserta relawan warga Muhammadiyah untuk bersama dan kerjasama membantu warga yang terkena banjir lumpur tersebut.
 
Catatan:
1. Posko PDM, PCM, MDMC dan AMM ditempatkan di rumah pak Harsono (PCM Singojuruh).
2. Bantuan berupa natura harus satu pintu yakni Dapur Umum.
3. Relawan MDMC Jember dan MDMC Jawa Timur akan hadir membantu korban,
4. Bantuan berupa uang akan dikoordinir oleh Lazismu dan diserahkan ke PDM Banyuwangi yang selanjutnya akan disalurkan pasca banjir.
 
Lazismu Jawa Timur saat ini telah membentuk gugus tugas yang akan mengkoordinir bantuan dari berbagai kantor Daerah Lazismu se-Jatim. Sementara Relawan dari MDMC Jember dan Bondowoso juga sudah bergerak ke lokasi.
 
Bantuan dari masyarakat bisa ditransfer ke rekening Lazismu :
 
No. 7665 030 000 000 000 Bank Mu’amalat a/n Humanity LAZISMU JatimNo. 9939 830 000 000 000 Bank Syariah Mandiri a/n Humanity LAZISMU Jatim
 
Bantuan berbentuk barang terutama sembako dan alat kesehatan bisa melalui kantor Lazismu Daerah se Jawa Timur. (Adit).
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *