Selasa, 17 Juli 2018
Home/ Berita/ Muhammadiyah Taiwan Kenalkan Batik ke Kancah Internasional

Muhammadiyah Taiwan Kenalkan Batik ke Kancah Internasional

MUHAMMADIYAH.OR.ID, TAIWAN – Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan turut meriahkan perayaan Hari Raya Idul Fitri  1439 H yang diselenggarakan di Taman Daan, kota Taipei . Acara yang dihelat pada Ahad (17/6).

PCIM Taiwan bekerja sama dengan GWO Taiwan, dan  Dewins Hijab turut ambil bagian dalam perhelatan tersebut dengan mengadakan Pelatihan batik yang dibuka secara umum. Kegiatan membatik  kali pertama ini  mengusung  tema Membatik Bersama, dengan mendatangkan Instruktur batik  Ashar Fauzi Hana dari Yogyakarta.

Antusiasme para pengunjung pada  pelatihan membatik sungguh luar biasa. Ini terbukti, sebelum acara dibuka, sudah banyak peserta yang ingin praktik bagaimana cara membuat batik. Acara yang dibuka untuk umum ini berhasil  menyedot perhatian para pengunjung terutama penduduk lokal.

Menurut Santy selaku pemilik Dewins mengatakan, tujuan diadakannya Membatik Bersama ini untuk mengenalkan Batik yang telah diakui UNESCO senagai warisan budaya dunia dari  Indonesia.   

“Tujuannya untuk mengenalkan batik yang telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dari Indonesia. Semoga di lain kesempatan kita bisa menyelenggarakan pelatihan yang serupa,” tutur Santy.

Sementara seorang pengunjung penduduk lokal Taiwan,Sharen,  yang mengikuti pelatihan membatik bersama mengaku sangat senang, karena ini merupakan kali pertama ia mengetahui bagaimana proses membuat batik yang begitu indah saat dikenakan.

“Saya sangat senang sekali bisa mengikuti pelatihan ini. Ini kali pertama saya melakukannya, dan saya bisa tahu bagaimana kain batik dibuat,” ungkap Sharen.

Sumber:Etty/Andi Azhar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *